Erabaru.net. Apakah Anda tahu aspek keselamatan apa yang harus dipraktikkan oleh pengendara sepeda motor? Bukan hanya memakai helm tapi sebenarnya lebih dari itu.

Selain menggunakan helm berlisensi SNI, pengendara sepeda motor juga perlu menggunakan sepatu, sarung tangan, dan bahkan jaket pengaman yang sesuai saat berkendara di jalan.

(Foto: Utusan Online)

Namun, ini sering diabaikan oleh sebagian besar individu. Rata-rata hanya menggunakan helm dan membawa dokumen perjalanan yang benar seperti SIM,STNK dan kartu identitas.

Hal-hal yang disebutkan di atas mungkin bisa membantu Anda saat berurusan dengan Polantas tapi apakah Anda semua tahu bahwa keselamatan diri dan hidup Anda jauh lebih penting daripada hal lainnya?

Jaket pengaman adalah salah satu aspek perlindungan yang paling aman namun seringkali diremehkan oleh mayoritas pengendara sepeda motor.

Banyak yang cenderung mengendarai hanya dengan t-shirt tanpa jaket pelindung atau mungkin mengenakan jaket berwarna gelap yang pastinya bisa menyebabkan pegendara lain tidak menyadari keberadaan Anda terutama di malam hari.

(Foto : Zairul Eizam)

Hal ini disadari oleh seorang pengguna Facebook bernama Zairul Eizam yang kemudian memutuskan untuk berbagi pengalaman masa lalunya yang membuatnya tetap waspada dan tidak mengambil cara yang mudah jika menyangkut aspek keselamatan pribadi.

Begini tulisan Zairul Eizam dalam laman akun Facebooknya:

Di sini, saya adalah pengendara sepeda motor seperti kalian. Setiap kali saya memanaskan mesin, saya biasanya memakai jas hujan sebelum saya memakai helm. Hal ini disebabkan beberapa hal:

  • Satu: Bersiaplah jika turun hujan
  • Dua: Menghindari seragam kerja kena debu/asap kendaraan
  • Tiga: Dingin, terutama pagi-pagi sekali

Tulisan ini dibagikan pada tanggal 6 Maret, Zairul , lebih dari 19.206 dibagikan (sampai dengan artikel ini) dan 13.000 orang menyukai!

Zairul memulai berbaginya dengan menceritakan tentang 63 pengendara sepeda motor yang pernah dia temui setiap hari, memakai jas hujan atau jaket yang berantakan seperti di dalam gambar.

(Foto: Zairul Eizam)

Menurut Zairul, ia mengingat ceritanya pada masa sekolahnya saat temannya meninggal karena ia tidak mengenakan jaket dengan benar.

Berdasarkan cerita banyak orang , individu hendak menyalip truk semen namun jaketnya tersangkut di kait kecil yang ada di truk dan membuatnya terjatuh dan dilindas truk semen itu.

Tragedi yang sama bisa terjadi pada pengendara lain karena jaketnya bisa tersangkut di kaca depan mobil atau dudukan motor.

Zairul juga menyebutkan bahwa ia telah menegur beberapa pegendara lain saat berhenti di lampu merah.

(Foto : Zairul Eizam)

“awal mula adalah begini, pagi-pagi sekali. Aku berhenti di sebelah motor lain. Perlahan saya sapa dan saya katakan begini pada pria itu. ”

“Bang, maaf mohon pakai jaket dengan benar. Pernah terjadi, teman saya meninggal karena tersangkut truk semen. ”

Setelah ditegur Zairul, pengendara itu terkejut dan cepat-cepat membetulkan jaketnya.

“Situasi kedua ketika di sore hari saat pulang ke rumah. Saya juga melakukan hal yang sama seperti hal pertama. Tapi pemuda ini melihatku dari atas ke bawah. Matanya menatap lurus ke arahku. Justru, jawaban yang saya dapatkan adalah, Innalillah “.

“Pemuda tersebut pergi tanpa upaya untuk membetulkan jaketnya dan saya hanya melihat jaket melambai-lambai dan kemudian membawa Anda”.

Manfaat sharing dari Zairul membuat banyak netizens bersyukur padanya. Beberapa bahkan memanfaatkan kesempatan ini untuk mengingatkan orang-orang terkasih tentang pentingnya mengenakan jaket dengan benar.

(Foto : AFP)

“Kematian ada di tangan Tuhan tapi bukan karena apa yang kita anggap sebagai cara memakai jaket ini adalah penyebab kemalangan kita. Sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tak berguna. Terima kasih kepada mereka yang berbuat dengan benar, “tulis seorang netizen.

Semoga berbagi pengalaman dari Zairul akan memberi pelajaran bagi para pengendara sepeda motor di luar sana agar lebih memperhatikan.(yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular