Erabaru.net. Natrium adalah mineral penting yang sangat berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Natrium juga diperlukan untuk kontraksi otot dan transmisi saraf serta bekerja dengan mineral lain seperti kalium, magnesium dan kalsium untuk menyeimbangkan kadar air di sel tubuh.

Natrium membantu mengatur volume darah dan tekanan darah, yang meningkatkan kesehatan jantung. Natrium kadang hilang saat tubuh berkeringat dan natrium dalam makanan akan menggantikan mineral natrium yang hilang tersebut.

Tetapi Anda harus tahu bahwa meningkatkan asupan natrium dalam makanan akan menyebabkan tekanan darah tinggi, persendian menjadi bengkak, dan penambahan berat badan.

Juga, jika tubuh memiliki kadar natrium yang rendah dapat menyebabkan nyeri kepala, mual, muntah, kram otot, mudah tersinggung, lemah dan kelelahan.

Asupan natrium harian yang dianjurkan adalah 2.300 mg atau kurang, yang setara dengan satu sendok teh garam. Anda dapat makan makanan yang kaya natrium dalam jumlah terbatas.

Berikut adalah daftar dari 10 makanan yang kaya natrium.

1. Buah

Buah tertentu seperti jambu biji, markisa dan buah tropis lainnya mengandung kadar natrium yang tinggi. Per porsi buah mentah tersebut mengandung 50 mg natrium. Produk buah lainnya seperti saus cranberry, saus apel dan jus apel juga mengandung 50 mg natrium.

2. Salami

Salami adalah sosis yang terbuat dari daging sapi atau babi, juga merupakan salah satu makanan yang tinggi natrium.

Selain kandungan natrium, salami juga mengandung sedikit vitamin B12 dan zat besi yang membantu meningkatkan kesehatan otak dan melindungi sistem kekebalan tubuh. 1 Iris salami mengandung 226 mg natrium.

3. Acar

Acar dibuat dengan cara fermentasi dengan natrium, cuka dan bahan lainnya supaya awet untuk jangka waktu yang lebih lama. Ini meningkatkan tekstur dan citarasa acar. 1 Acar besar mengandung 160 mg natrium.

4. Kecap

Kecap mengandung kadar natrium yang tinggi dan bersifat anti-alergi. Anda harus menambahkan sedikit kecap dalam makanan untuk meningkatkan citarasa dan untuk mencegah overdosis natrium, karena kecap kaya akan natrium. 1 Sendok makan kecap mengandung 1.005 mg natrium.

5. Keju olahan

Keju olahan adalah sumber natrium yang baik, namun mengandung pewarna makanan dan pengemulsi lainnya yang tentunya dapat membahayakan tubuh. 1 Ons keju mengandung 390 mg natrium. Sebagai gantinya, dapat menggunakan keju cottage dan keju ricotta yang jauh lebih sehat.

6. Ham

Ham kaya akan sodium, dan juga mengandung protein dan zat besi. Ham sama seperti produk daging lainnya, yang mengandung seng, mineral yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh.

1 irisan ham mengandung 320 mg sodium. Anda bisa memasukkan ham ke dalam sandwich Anda atau di omelet sarapan Anda, tapi jangan berlebihan.

7. Dendeng sapi

Dendeng sapi sering disebut makanan cepat saji yang sehat karena mengandung kadar natrium dan protein yang tinggi, dan tidak meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. 1 Ons dendeng sapi mengandung 590 mg natrium.

8. Seledri

Seledri adalah sayuran sehat yang merupakan sumber antioksidan, natrium dan enzim bermanfaat lainnya. Seledri mengandung vitamin K, vitamin C dan mineral penting lainnya seperti kalium dan folat.

9. Zaitun

Zaitun adalah sumber natrium dan antioksidan yang sangat baik dan mengandung nutrisi penting lainnya yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan bahkan mencegah penyakit tulang.

10 Buah zaitun hijau mengandung 420 mg natrium. Tambahkan buah zaitun ke dalam salad untuk meningkatkan asupan natrium.

10. Swiss chard

Swiss chard kaya akan natrium dan vitamin K. Swiss chard juga mengandung vitamin A, yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Anda dapat menambahkan sayuran sehat ini ke dalam salad.

36 gram swiss chard mengandung 77 mg natrium, yang cukup untuk meningkatkan asupan natrium Anda.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular