Erabaru.net. Di masyarakat India dengan ketimpangan gender yang ekstrim tinggi, seringkali terdengar kasus kekerasan seksual yang menimpa kaum wanita.

Untuk mencegah para ibu dan perempuan lain mengalami pelecehan seksual, Siddharth Mandala, seorang siswa sekolah menengah atas yang berusia 18 tahun dari Negara Bagian Telangana, India menciptakan sejenis “sandal kejut”, yang bisa digunakan untuk menyerang para pelaku asusila, membantu kaum wanita menghadapi kekerasan seksual.

Mandala yang baru lulus dari sekolah menengah atas, pernah ikut berpartisipasi bersama ibunya dalam unjuk rasa yang bertajuk perlindungan terhadap keselamatan wanita.

Namun, melihat banyaknya kasus kekerasan seksual yang terus terjadi di masyarakat, dia pun menyadari bahwa hanya demonstrasi saja tidak cukup, harus ada aksi nyata baru bisa meminimalkan tragedi itu.

Mandala memutuskan untuk menciptakan sesuatu yang bisa melindungi kaum wanita.

Dia menuturkan bahwa ketika seorang wanita bepergian, mungkin saja lupa membawa semprotan merica atau tongkat kejut listrik, tapi pasti tidak akan pernah lupa memakai sandal.

Jadi, dia pun merancang “sandal kejut listrik” ini!

Untuk mengaktifkan aliran listrik, si pemakai tinggal menekan bagian jempol kaki dan selanjutnya menendang ke arah pelaku.

Selanjutnya, pelaku tersebut akan tersetrum aliran listrik dengan arus listrik yang cukup besar untuk bisa membuat seorang pria mati rasa selama beberapa detik.

Mandala menggunakan pengetahuan yang dipelajarinya di kelas fisika SMA, dengan menerapkan “Efek piezoelektrik” yakni mengonversi energi cahaya menjadi energi listrik secara langsung yang diaplikasikan pada sandal kejutnya.

Saat pengguna berjalan, energi kinetik bisa diubah menjadi listrik yang tersimpan di baterai, dan semakin banyak berjalan akan semakin banyak daya yang tersimpan.

Saat ini, Mandala juga telah mengajukan permohonan paten.

“Sandal kejut masih dalam tahap pengembangan dan sekarang sedang berusaha memperbaiki fitur anti airnya, selain itu, ada beberapa kendala yang harus diatasi,” kata Mandala.

Mandala juga menuturkan bahwa dia tidak berencana untuk melanjutkan kuliahnya, dia ingin memanfaatkan waktu luangnya dengan memperdalam minatnya.

Hanya saja, tantangan terbesar yang dihadapi Mandala saat ini adalah dalam hal desain. Dilihat dari luar, sandal kejut rancangannya masih terlihat kurang menarik. Oleh karena itu, dia berupaya agar sandalnya memiliki tampilan yang lebih menarik dan bisa dijual di pasaran.

Masih muda tapi sudah memiliki prestasi yang hebat, semoga Mandala berhasil meluncurkan sandal kejut listriknya, sehingga bisa membantu lebih banyak wanita India dari gangguan para lelaki bejad!(jhn/yant)

Sumber: life.bldaily.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular