- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Mandi Bisa Membakar Kalori! Hasilnya Kira-kira Sama dengan Mereka yang Berjalan Kaki Selama 30 Menit!

Erabaru.net. Tentunya banyak dari mereka yang memilih cara berjalan sebagai olahraga ringan untuk mempertahankan bentuk tubuh ideal. Tapi tahukah Anda bahwa mandi adalah cara lain yang bisa menjaga pinggang Anda tetap langsing?

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti di Loughborough University, Inggris, menunjukkan bahwa manfaat mandi sama baiknya dengan berjalan kaki.

[1]

Penelitian ini melibatkan 14 responden laki-laki yang terbagi dalam 2 kelompok yang melakukan aktivitas berbeda dan tingkat kalori yang dibakar dicatat. Sebuah kelompok terlibat dengan aktivitas bersepeda selama satu jam sementara kelompok lain hanya mandi di bak mandi selama satu jam.

Hasil catatan, mereka yang bersepeda membakar lebih banyak kalori daripada mereka yang mandi. Tapi yang mengejutkan adalah mereka yang mandi telah membakar 130 kalori, yang kira-kira sama dengan jumlah kalori yang dibakar oleh mereka yang berjalan selama 30 menit.

[2]
(Foto : Shutterstock)

Studi tersebut menjelaskan bahwa mandi di bak mandi air panas (dalam kasus penelitian ini, 140 derajat Fahrenheit) menyebabkan Anda membakar lebih banyak kalori.

Karena itu, meski Anda mungkin tidak bisa melakukan latihan sehari-hari di luar Anda bisa mengganti latihan dengan mandi mandi di bak.

Salah satu peneliti, Steve Faulkner juga mengemukakan bahwa metode ini juga bisa memberi efek baik pada jantung Anda dan juga memiliki efek metabolik yang baik dalam mengendalikan kadar gula darah.

Ketika peneliti memeriksa kadar gula darah peserta 24 jam setelah tes, mereka menemukan bahwa tingkat gula darah tertinggi peserta sekitar 10 persen lebih rendah daripada yang bersepeda. Hal ini juga mengurangi peradangan yang dialami beberapa peserta.

[3]
(Foto : Shutterstock)

Tapi sebelum Anda terjun ke bak mandi, masih ada beberapa kendala dalam penelitian ini.

Semua peserta penelitian ini adalah laki-laki dan dengan jumlah sampel yang sedikit, sulit untuk menyimpulkan hasilnya, terutama untuk wanita. Tapi, tidak salah jika Anda melakukan mandi di bak, setidaknya Anda melakukan sedikit olahraga untuk kesehatan tubuh Anda!(yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi: