Erabaru.net. Menikmati buah pisang sebagai makanan penutup bukanlah sesuatu yang aneh. Pisang tidak hanya mudah ditemukan serta murah tapi pisang juga mengandung nutrisi dan zat yang baik untuk tubuh. Seperti buah-buahan lainnya pisang juga kaya dengan manfaat dan kelebihan tersendiri.

(Foto : pbs.twimg.com)

Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa pisang bisa melakukan berbagai fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi pisang setiap hari:

# 1 Meningkatkan energi

Gula seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa yang ditemukan pada pisang akan memberi energi langsung pada tubuh. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B kompleks yang berguna untuk membangun energi.

# 2 Sembelit dan diare

(Foto : cahayaherbalindo.com)

Secara umum, pisang adalah penawar yang baik untuk diare dan sembelit . Ini karena pisang bisa mengembalikan fungsi normal usus.

# 3 Disentri

Pisang bekerja sangat efektif untuk disentri (cirit berdarah). Pisang masak yang dihaluskan dan diproses menjadi krim dikatakan sangat efektif untuk mengobati disentri terutamanya kepada kanak-kanak.

# 4 Mabuk

Susu dan pisang bersama dengan sedikit madu merupakan obat yang sangat baik untuk mabuk. Bisa meringankan perut Anda, bersama dengan susu itu bisa menghidrasi sistem Anda.

# 5 Membantu berhenti merokok

(Foto: medicalnewstoday.com)

Nutrisi seperti potassium, vitamin dan magnesium yang ditemukan pada pisang bisa menghilangkan nikotin dari perokoknya.

# 6 ‘Mood’ lebih baik

(Foto : sharecare.com)

Asam amino yang dikenal sebagai triptofan pada pisang bisa membantu dalam produksi serotonin.

# 7 Meningkatkan fungsi otak dan kewaspadaan

(Foto : cloudfront.net)

Kalium yang terkandung dalam pisang membantu dalam mengembangkan fungsi otak dan menjaga kewaspadaan.

# 8 Gangguan ginjal

Pisang terdiri dari kandungan karbohidrat tinggi dan kandungan protein yang rendah dan ini adalah ramuan yang sangat berguna dalam mengobati gangguan ginjal.

# 9 Kelebihan berat badan

Pisang dengan susu skim adalah obat yang sangat baik untuk menurunkan berat badan Anda.

# 10 Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

Kalium pada pisang dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit dalam sel dan membantu dalam mengendalikan tekanan darah, sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

# 11 Bagus untuk darah

Vitamin B6 pada pisang bermanfaat dalam pembentukan dan pengembangan hemoglobin dan antibodi yang kuat dalam darah.

# 12 Tulang sehat

Kalium yang ada pada pisang dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis yang terjadi akibat kekurangan kalsium di tulang.

# 13 Baik untuk penglihatan

(Foto : kidoptik)

Mengonsumsi pisang atau buah lainnya bisa mencegah perkembangan degenerasi makula, yang bisa mengakibatkan hilangnya penglihatan terutama pada orang dewasa.(yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular