Erabaru.net. Setelah bosan dengan menu gorengan, mungkin sekarang saatnya mengolah daging ayam dengan citarasa lain.

Pada kesempatan ini, redaksi akan merekomendasikan menu masakan dari daging ayam ‘Paha ayam saus kecap ala rice cooker’, tidak saja menggoda selera ketika melihat warnanya yang terang mengkilap saat matang, tapi rasanya juga empuk-kenyal dan tentu saja nikmat, serasa nancep di lidah.

Ambil sepotong paha dan letakkan di atas nasi putih yang masih mengepulkan asap, kemudian taburi sedikit sausnya dan aduk rata, kamu akan merasakan kenikmatan pada setiap gigitannya.

Selain itu, aromanya yang harum semerbak saat matang serasa menyebar ke setiap sudut ruangan, dan pastinya akan membuat perut kamu keroncongan.

Berikut cara mengolah paha ayam saus kecap dengan rice cooker, caranya sangat sederhana, siapa pun bisa membuatnya, jadi kamu bisa mencoba mengolahnya sendiri.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Siapakan bahan-bahan yang dibutuhkan ; 6 potong paha ayam (tergantung selera), 1 potong jahe, daun bawang secukupnya.

2. Cuci bersih paha ayam, lap sampai kering, lalu tusuk-tusuk beberapa lubang kecil di permukaannya dengan tusuk gigi atau garpu (supaya lebih mudah meresap).

3. Masukkan paha ayam ke dalam panci, lalu tuang 2 sendok makan arak masak (optional), beberapa iris jahe, diamkan sekitar 10 menit untuk menghilangkan amisnya atau kamu bisa lumuri dengan jeruk nipis.

4. Siapkan bahan perendam/saus. Tuang sedikit minyak ke dalam wajan, masukkan beberapa irisan jahe setelah minyak panas, dan tumis sampai harum.

5. Tuang 4 sendok makan kecap asin, 2 sendok makan kecap manis (tergantung selera), 3 sendok makan gula pasir, 1/2 sendok makan garam, 1 gelas air bersih dan didihkan, lalu matikan api, siap pakai.

6. Masukkan beberapa daun bawang dan irisan jahe ke bagian bawah wadah/penanak nasi-rice cooker, lihat gambar (Masukkan irisan jahe yang tadi digunakan untuk menghilangkan amis).

7. Letakkan paha ayam di atas irisan jahe dan daun bawang (lihat ganbar).

8. Tuang sausnya ke paha ayam (lihat gambar). Kemudian tutup penanak nasi, dan tekan tombol “memasak”.

9. Siap dihidangkan.

Selamat menikmaati.(jhn/yant)

Sumber: life.bldaily.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: KELUARGA PARENTING

Video Popular