Erabaru.net. Magnesium adalah mineral yang sangat penting untuk setiap proses di dalam tubuh. Magnesium diperlukan untuk sintesis DNA dan meningkatkan metabolisme.

Magnesium menghasilkan energi, mengatur kadar gula darah dan terlibat dalam memproses banyak reaksi kimia di dalam tubuh.

Magnesium bekerja sama dengan mineral penting lainnya seperti kalium, seng dan kalsium untuk menjaga supaya jantung, otot dan ginjal tetap kuat. Magnesium juga membangun tulang dan gigi yang lebih kuat.

Perlu untuk meningkatkan asupan magnesium setiap hari untuk mencegah penyakit tertentu seperti Alzheimer, diabetes dan penyakit jantung.

Asupan kebutuhan magnesium harian yang dianjurkan adalah 400 mg. Jadi, jika kadar magnesium rendah di dalam tubuh, maka akan terjadi kekurangan magnesium, yang dapat menyebabkan resistensi insulin, sering menderita nyeri kepala, hipertensi, penyakit jantung dan gangguan hiperaktivitas kurang perhatian.

Berikut adalah 11 makanan yang kaya akan magnesium.

1.Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah menyehatkan dan kaya magnesium. 1 Potong cokelat hitam mengandung 95 mg magnesium, yang setara dengan 24 persen kebutuhan magnesium harian yang dianjurkan. Selain magnesium, cokelat hitam juga mengandung tembaga, besi dan mangan.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan magnesium dan dianggap sebagai salah satu buah yang paling sehat.

Sebuah alpukat berukuran sedang mengandung 58 mg magnesium, yang setara dengan 15 persen kebutuhan magnesium harian yang dianjurkan. Alpukat juga mengandung kalium, vitamin B dan vitamin K.

3. Quinoa

Quinoa adalah salah satu makanan sehat untuk menurunkan berat badan yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kaya akan magnesium.

1 cangkir quinoa yang dimasak mengandung 118 mg magnesium. Quinoa juga mengandung serat, sehingga memberi rasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

4. Bayam

Daun hijau kaya akan magnesium. 1 Cangkir bayam yang dimasak mengandung 157 mg magnesium, yang setara dengan 39 persen kebutuhan magnesium harian yang dianjurkan. Selain bayam, kangkung, sawi dan lobak hijau juga kaya akan magnesium.

5. Almond

Almond kaya akan magnesium dan merupakan camilan yang sehat. 1 ons kacang almond mengandung 75 mg magnesium, yang setara dengan 19 persen kebutuhan magnesium harian yang dianjurkan. Almond juga merupakan sumber serat dan lemak tak jenuh rantai tunggal.

6. Kacang hitam

Di antara semua biji-bijian, kacang hitam mengandung kadar magnesium yang bermakna. ½ cangkir kacang hitam mengandung 60 miligram magnesium, yang setara dengan 15 persen kebutuhan magnesium harian yang dianjurkan.

Anda dapat membuat saus kacang hitam atau menambahkan kacang hitam ke dalam sup.

7. Pisang

Pisang kaya akan semua mineral yang penting seperti magnesium, kalium dan mangan.

Sebuah pisang berukuran sedang mengandung 32 mg magnesium, yang setara dengan 8 persen kebutuhan magnesium harian yang dianjurkan. Pisang menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

8. Biji labu

Biji labu kaya akan magnesium serta sangat menyehatkan. 1/8 cangkir biji labu kering mengandung 92 mg magnesium, yang setara dengan 23 persen kebutuhan magnesium harian yang dianjurkan.

Biji labu juga kaya akan lemak tak jenuh rantai tunggal, zat besi, serat dan asam lemak omega-3.

9. Wheat utuh

Semua biji-bijian seperti wheat, oat, barley, soba dan quinoa merupakan sumber magnesium yang sangat baik. Secangkir tepung wheat mengandung magnesium 160 mg; soba mengandung 65 mg magnesium, yang setara dengan 16 persen kebutuhan magnesium harian yang dianjurkan.

10. Yogurt

Yogurt adalah sumber magnesium dan kalsium yang sangat baik. Secangkir yogurt mengandung 46,5 mg magnesium, yang setara dengan 12 persen kebutuhan magnesium harian yang dianjurkan.

Yogurt menguntungkan tubuh dalam banyak hal dari menjaga bakteri usus yang sehat hingga memperkuat otot dan tulang.

11. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan makarel mengandung magnesium, kalium, selenium, vitamin B dan berbagai nutrisi penting lainnya. 178 gram salmon mengandung 53 mg magnesium, yang setara dengan 13 persen kebutuhan magnesium harian yang dianjurkan.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular