Erabaru.net. Perjalanan hidup menjadi sebuah cerita yang mengilhami jika seseorang dapat memegang keberanian dalam diri seseorang dan kebaikan yang melekat di tengah tantangan.

Bagi ibu tunggal ini yang membesarkan kedua putranya telah menjadi pengalaman pertumbuhan pribadi yang indah, dan dengan senang hati dia memuji kesabarannya yang penuh kasih dengan disiplin spiritual Falun Dafa.

Dr. Harvinder membaca Zhuan Falun, buku utama Falun Dafa. (Kredit: Veeresh / NTD India)

Sebagai seorang pendidik selama 30 tahun, Dr. Harvinder Kaur telah menghabiskan hidupnya untuk mengasuh, mengajar dan memberdayakan orang lain.

Setelah menjabat sebagai 5 kepala sekolah di negara bagian Odisha, Jharkhand, Karnataka, Kerala dan Andhra Pradesh di India, Dr. Harvinder belajar sejak awal bahwa spiritualitas adalah kunci harmoni.

Berbicara dengan NTD India, wanita yang penuh inspirasi ini menceritakan bagaimana hatinya mencari jalan yang bisa membantunya memahami dirinya dengan lebih baik – sebuah pencarian internal terus mengetuk jiwanya sampai suatu hari ia menemukan sebuah sistem meditasi kuno.

“Saya selalu berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi orang yang jujur dan ingin menjalani kehidupan yang terarah. Sebagai seorang pendidik, saya harus mengalami beragam kehidupan – mulai bekerja di tempat-tempat indah seperti Mussoorie hingga menantang pemukiman suku di Daltonganj di Jharkhand,” katanya kepada NTD India.

(Kredit: Veeresh / NTD India)

“Hidup itu membingungkan. Di beberapa tempat Anda mengalami kegembiraan dan di tempat lain Anda menemukan kekecewaan. Saya telah selalu mendaftarkan diri saya di beberapa institusi spiritual selama fase yang menantang. Saya selalu diapresiasi atas pekerjaan saya, dan saya selalu menganggap pekerjaan saya sebagai tugas rohani saya.”

Tapi pendidik berpengalaman ini percaya bahwa mengasuh anak tidak seperti pengajaran, dan perjalanannya sebagai seorang ibu telah memberi banyak kesempatan untuk pertumbuhan spiritual – ini adalah sesuatu yang terbentang hampir setiap hari.

Dr. Harvinder menemukan Falun Dafa (juga dikenal sebagai Falun Gong) pada Konferensi ke-50 Principal ASISC (2007) di Bangalore.

Falun Dafa adalah sistem meditasi kuno yang didasarkan pada nilai-nilai moral universal Sejati, Baik dan Sabar, dan mencakup lima latihan sederhana.

Dia percaya bahwa spiritualisme sejati memiliki efek menular dan cara terbaik bagi orang tua untuk mengajarkan nilai pada anak adalah dengan menjalani prinsip itu sendiri.

“Selama 10 tahun terakhir saya berlatih Falun Dafa, saya telah menjalani hidup saya dengan nilai Sejati, Baik dan Sabar. Saat saya mulai melepaskan amarah, ego dan unsur negatif dari pikiran saya, saya mulai merasa lebih ringan. Ini seperti botol yang penuh dengan kotoran-semakin Anda mengosongkannya, semakin banyak yang bisa mengambang di air,” katanya.

Dr. Harvinder melakukan latihan meditasi perangkat kelima Falun Dafa. (Kredit: Veeresh / NTD India)

“Parenting adalah tentang mendidik anak Anda tentang kehidupan, dan pendidikan terbaik terjadi melalui cara hidup – orang tua harus memimpin dengan memberi contoh. Anak Anda selalu berjaga-jaga dan menghargai nilai-nilai yang Anda praktikkan dalam kehidupan. Menyaksikan secara langsung bagaimana saya berusaha untuk hidup dengan standar moral yang lebih tinggi dalam kehidupan sehari-hari, bahkan anak-anak saya pun telah menyerap nilai-nilai ini,” tambahnya.

Putra tertua Dr. Harvinder adalah aktor pemula di Mumbai. Sebagai seorang ibu, dia bangga bahwa meski mendapat tekanan dan tekanan yang luar biasa, anaknya tidak pernah berkompromi dengan nilai-nilainya.

(Kredit: Veeresh / NTD India)

“Dia memiliki kehidupan yang serba cepat tapi dia belum melupakan nilai yang dipegang ibunya di dekat hatinya. Dari mensponsori pendidikan untuk anak perempuan ke banyak keputusan besar dan kecil dalam hidup, dia telah mengikuti apa yang dia imbangi dari keluarga kecil kami, “katanya.

“Anak bungsu saya juga berlatih Falun Dafa. Dia seperti anak muda lain yang memiliki impian dan aspirasinya sendiri, tapi satu hal yang membantunya berdiri terpisah adalah perspektif yang dengannya dia melihat hal-hal kecil dan besar dalam hidupnya, “katanya.

“Alih-alih memikirkan ‘apa yang akan dikatakan mamma,’ dia mempertimbangkan untuk berfokus pada apakah perilaku dan pemikirannya sesuai dengan Sejati, Baik dan Sabar.”

“Karena latihan meditasi saya mengajari saya bagaimana mengendalikan kemarahan saya, di sekolah mana pun saya bekerja, orang sering memanggil saya ‘kepala sekolah yang keren’, sementara anak laki-laki saya memanggil saya ‘wanita besi’,” tambahnya.

Ibu yang pemberani ini telah terbukti dengan keutamaan dari keyakinan spiritualnya bahwa menjadi “kuat” adalah welas asih, menjadi “keren” bertanggung jawab dan menjadi “wanita besi” adalah potensi untuk memimpin dengan memberi contoh.

Falun Dafa (juga dikenal sebagai Falun Gong) adalah sistem meditasi perbaikan diri berdasarkan prinsip universal Sejati, Baik, Sabar. Itu diperkenalkan kepada publik oleh Mr. Li Hongzhi pada tahun 1992 di Tiongkok. Meskipun saat ini dipraktekkan oleh lebih dari 100 juta orang di 114 negara, sistem meditasi damai ini telah mengalami penganiayaan brutal di China sejak tahun 1999. Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi: falundafa.org dan faluninfo.net. (hui/rp)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds