Erabaru.net. Tukak lambung adalah salah satu masalah utama, yang memengaruhi semua kelompok usia. Ini adalah terbukanya pori-pori di lapisan lambung. Penelitian menunjukkan bahwa infeksi bakteri Helicobacter pylori adalah penyebab utamanya.

Selain itu, jika secara terus-menerus seseorang mengonsumsi aspirin dan ibuprofen, obat anti-peradangan non-steroid, maka dapat memicu terjadinya tukak lambung.

Jadi, saat menderita sakit maag, selain minum obat ada beberapa makanan tertentu yang harus dimakan dan harus dihindari.

Meski tidak ada diet yang tepat, penderita tukak lambung dapat sembuh dengan makan dan menghindari makanan tertentu.

Sebuah tim peneliti menyatakan bahwa kini ada makanan yang berkhasiat dalam melawan Helicobacter pylori, penyebab utama tukak lambung.

Berikut adalah makanan yang harus dimakan saat menderita tukak lambung.

1. Kembang kol

Kembang kol, sayuran yang umumnya tersedia di pasaran, mengandung sulforafan yang berkhasiat menghancurkan bakteri H. pylori di saluran cerna. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan kembang kol dua kali sehari selama tujuh hari menunjukkan 78% negatif terhadap bakteri H. pylori. Kembang kol juga merupakan sumber vitamin C dan serat.

2. Kubis

S-metil metionin, yang juga dikenal sebagai vitamin U, terkandung di dalam kubis dapat menyembuhkan tukak lambung. Tukak lambung terjadi akibat ketidakseimbangan kadar pH lambung dan vitamin U membantu dalam meningkatkan pH tubuh.

Selain itu, kubis juga mengandung asam amino glutamin, yang bermanfaat dalam mengobati tukak lambung. Vitamin U menyembuhkan pori-pori yang terbuka dengan memperkuat lapisan mukosa usus. Makanlah minimal dua cangkir kubis mentah atau tambahkan ke dalam salad setiap hari.

3. Lobak

Lobak mengandung serat yang membantu pencernaan serta menyerap seng dan mineral lainnya. Makanlah lobak putih setiap hari untuk membasmi penyebab radang selaput lambung, sulit mencerna, dan menimbulkan masalah lambung.

4. Apel

Makanlah apel setiap hari untuk mengurangi kemungkinan terkena tukak lambung. Selain itu, apel mengandung flavonoid yang menghambat pertumbuhan H. pylori.

5. Blueberry

Makan blueberry di pagi hari dapat mengobati tukak lambung, karena blueberry adalah sumber antioksidan dan kaya akan nutrisi, yang bermanfaat memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan mempercepat sembuhnya tukak lambung.

6. Raspberry

Raspberry dan blackberry mengandung kadar senyawa fenolik yang tinggi, oleh karena itu dianggap kaya akan serat, yang bermanfaat untuk proses pencernaan dan mengendalikan peradangan lambung.

7. Strawberry

Menurut penelitian baru, strawberry dapat berperan sebagai perisai pelindung terhadap tukak lambung. Strawberry mengandung kadar antioksidan yang tinggi yang bermanfaat melindungi tubuh terhadap tukak lambung serta menguatkan lapisan perut. Makanlah secangkir strawberry setiap hari dengan sereal.

8. Paprika

Paprika bermanfaat untuk menangkal tukak lambung, maka makanlah paprika mentah dengan salad setiap hari.

9. Wortel

Wortel sangat bermanfaat dalam menguatkan lapisan lambung. Kandungan vitamin A pada wortel menangkal tukak lambung, radang lambung atau gangguan pencernaan. Makanlah wortel mentah dengan salad atau direbus dalam sup sayuran atau minum segelas jus wortel setiap hari.

10. Brokoli

Penelitian menunjukkan bahwa brokoli mengandung sulforafan yang berkhasiat menghilangkan bakteri penyebab tukak lambung. Makanlah brokoli dengan salad saat makan siang.

11. Yogurt

Yogurt adalah salah satu makanan sehat untuk tubuh, karena mengandung probiotik, yaitu Lactobacillus, dan Acidophilus yang mengobati tukak lambung, karena menciptakan keseimbangan antara bakteri usus yang buruk dan baik dalam sistem pencernaan. Tempe, miso, dan kedelai juga mengandung probiotik.

12. Minyak zaitun dan minyak nabati

Penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun berpotensi mengobati tukak lambung, karena mengandung fenol yang bertindak sebagai agen anti-bakteri, yang mencegah H. pylori menyebar lebih jauh dan mempengaruhi lapisan lambung.

13. Madu

Madu tidak hanya bermanfaat untuk membuat kulit bercahaya dan penyembuhan luka, namun juga berdampak pada pori-pori terbuka pada lapisan lambung. Madu menghambat pertumbuhan bakteri dan menyembuhkan tukak lambung. Makanlah satu sendok makan madu mentah setiap pagi atau oleskan pada roti bakar saat sarapan.

14. Bawang putih

Satu siung kecil bawang putih mampu menghambat bakteri H. pylori yang menyebabkan tukak lambung, karena bawang putih mengandung unsur antimikroba tertentu yang mengobati tukak lambung. Makanlah 2-3 siung bawang putih setiap hari untuk hasil yang lebih baik.

15. Teh hijau tanpa kafein

Teh hijau berkhasiat mengandung Epigallokatekin gallat (ECGC), yaitu katekin tingkat tinggi yang berpotensi membebaskan anda dari tukak lambung, karena bersifat anti-peradangan dan antioksidan yang bekerja sangat baik pada tukak. Minumlah secangkir teh hijau setiap pagi dan sore hari.

16. Licorice

Licorice adalah obat kuno yang sangat berharga karena sangat berkhasiat. Licorice bersifat anti-peradangan sehingga berpotensi membasmi tukak lambung dan radang lambung.

Dengan demikian, tampak bahwa makanan yang kaya akan antioksidan bermanfaat mengobati tukak lambung, karena meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyebaran infeksi.

Selain makanan tersebut di atas, penderita tukak lambung boleh makan sayuran hijau berdaun seperti bayam dan kangkung, yang mengandung vitamin B dan kalsium, kacang almond, ceri, dan lain-lain.

Selain ini, penderita tukak lambung perlu minum obat yang tepat yang diresepkan oleh dokter. (vivi/yant)

Sumber: boldsky

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular