Erabaru.net. Dengan karir yang mencakup 25 tahun yang panjang, petugas pendidikan ini telah beralih dari menjadi guru sekolah menengah ke dosen, dan sekarang dia bekerja sebagai kepala sekolah di sebuah sekolah pemerintah di India.

Dalam perjalanan melalui buku kehidupannya, ia telah menemukan berbagai bab, tetapi pelajaran yang paling mengejutkannya adalah tentang Falun Dafa — sistem spiritual kuno yang berakar pada nilai-nilai yang berharga yaitu Sejati, Baik, dan Sabar.

Credit: Veeresh/ NTD India

Temui Pradeep Kumar C.N. yang berasal dari distrik Coorg di negara bagian Karnataka, India selatan. Lahir dari orang tua yang bekerja keras, ayah yang merupakan penjahit dan ibu yang mendukung mereka tanpa syarat, secara alami dia mengambil nilai dasar untuk memberikan yang terbaik dalam segala hal.

Dalam sebuah wawancara dengan NTD India, dia membagikan suara hatinya tentang hidupnya secara rinci.

“Melihat orang tua saya yang sederhana bekerja sangat keras, saya selalu merasa terinspirasi. Saya selalu menghargai satu pemikiran bahwa saya harus melakukan sesuatu yang baik untuk masyarakat dan membuat orang tua saya bangga,” kata Pradeep.

Setelah menyelesaikan gelar Master of Science di tahun 1992, ia mendapat kesempatan untuk bekerja di bidang pendidikan.

Sebagai petugas pendidikan, Pradeep mendapat kesempatan untuk melatih para guru dari berbagai taluk (sebuah subdivisi sebuah distrik) pada berbagai topik, dan fokus utamanya adalah pada penanaman sistem nilai dalam melaksanakan tugas.

“Pada titik ini, saya sangat bingung,” katanya.

“Departemen akan menginstruksikan kami untuk memberikan pendidikan moral kepada siswa, tapi saya tidak begitu yakin bagaimana beberapa jam sesi pengajaran dapat membawa perubahan nyata dalam perilaku siapa pun. Saya selalu merenungkan arti sebenarnya dari kehidupan dan ke mana moralitas masyarakat kita menuju.”

Pradeep Kumar C.N.

Tapi sepertinya pada bulan September 2005, kebingungannya sudah siap untuk diselesaikan. Pradeep diminta untuk memimpin program pelatihan guru untuk 55 guru dari berbagai taluks di Sekolah Byraveshwara, Srinivasapur, sebuah kota di India bagian selatan. Pelatihan difokuskan terutama pada penerapan nilai moral dan spiritualitas ke dalam pendidikan.

Pradeep berkata, “Kepala sekolah itu mengenalkan saya pada kultivasi meditasi yang disebut Falun Dafa dan membagikan bagaimana hal itu menguntungkan murid-muridnya. Dia juga menceritakan bagaimana anak-anak menjadi lebih fokus pada kurikulum. Percakapannya benar-benar mengesankan saya, dan saya merasa ada sesuatu yang istimewa dari meditasi ini. Jadi, saya meminta kepala sekolah untuk mengenalkan Falun Dafa kepada guru kami yang sedang menjalani pelatihan ini.”

Credit: Minghui.org
Credit: Minghui.org

 

“Saya juga belajar lima perangkat latihan dengan para guru, dan gerakan lembut benar-benar menyentuh hati saya. Saya selalu mencari sesuatu yang baik untuk memupuk jiwa dan pikiran saya, dan kultivasi ini membuat saya merasa akhirnya saya menemukan hadiah itu,” tambahnya.

Terinspirasi oleh ajaran moral Falun Dafa yang sederhana namun mendalam, Pradeep tidak sabar untuk berbagi kebahagiaan baru yang ditemukannya dengan keluarganya. Sebagai suami yang penuh kasih dan ayah yang menyayanginya, dia memastikan keluarganya mengetahui kelima perangkat latihan Falun Dafa dengan baik.

Akhirnya, saat istri, ibu dan anak perempuannya mengalami kedamaian batin setelah mempelajari kultivasi tersebut, ternyata seluruh keluarganya mulai memkultivasikan sistem spiritual kuno ini.

Tidak hanya Pradeep merasa akhirnya menemukan jalan yang dia cari tapi dia juga mengalami manfaat luar biasa dalam kehidupannya sehari-hari.

“Sebagai kepala sekolah, saya biasanya dihadapkan pada banyak tekanan mental, tapi latihan membuat saya benar-benar tenang. Dengan melakukan latihan Falun Dafa secara teratur, saya merasa aktif dan tetap energik, 24 jam, sepanjang hari,” katanya.

Pradeep melakukan latihan kedua dari Falun Dafa. (Kredit: Veeresh / NTD India)

Pradeep berbagi bahwa manfaat dari latihan meditasi ini tidak hanya berhenti hanya pada tingkat fisik.

“Begitu saya membaca buku Zhuan Falun, buku utama Falun Dafa, saya terkejut karena menjawab banyak pertanyaan hidup saya dengan sangat sederhana. Ini juga memberi saya kekuatan batin untuk menghadapi ketakutan saya. Prinsip utama Falun Dafa, yaitu Sejati, Baik dan Sabar menyentuh hati saya. Sekarang, saya merasa memiliki kekuatan batin tanpa batas untuk melakukan semua tugas dengan baik – inilah keberanian moral murni yang telah saya cari sendiri, keluarga saya, dan semua siswa dan staf saya,” katanya.

Namun, Pradeep mengatakan bahwa sistem spiritual damai ini sedang ditekan di Tiongkok. Dia berkata: “Pemerintah komunis Tiongkok pada dasarnya ateis dan tidak memiliki kewajiban moral. Pada tanggal 20 Juli 1999, partai komunis tersebut melancarkan penganiayaan secara ilegal terhadap Falun Dafa. Sejak itu praktisi tak bersalah yang tak terhitung jumlahnya telah ditangkap dan dibunuh.”

“Ketika saya pertama kali mendengar tentang penganiayaan tersebut, saya benar-benar terkejut. Saya tidak dapat mempercayai bahwa kultivasi yang baik yang mengajarkan semua orang tentang nilai kebenaran, belas kasih dan toleransi menghadapi penganiayaan berat di tangan rezim komunis Tiongkok. Saya tidak bisa membayangkan mengapa orang-orang yang tidak bersalah harus menghadapi penyiksaan berat semacam itu. Saya juga merasa perlu menceritakan lebih banyak tentang keindahan Falun Dafa dan memberi mereka kesempatan untuk belajar meditasi yang menakjubkan ini. Jadi, saya memutuskan untuk mengunjungi berbagai sekolah di sekitar kota-kota tetangga dan menyebarkan kebaikan kultivasi ini,” katanya.

Pradeep melakukan latihan meditasi perangkat kelima dari Falun Dafa. (Credit: Veeresh/ NTD India)

Dengan setiap hari baru, ketika sebuah bab lain dimulai di dalam buku kehidupan, Pradeep mencoba menyelesaikan semua situasi sehari-hari dengan belas kasih yang dimilikinya.

“Hadiah terbaik yang saya dapatkan dari perjalanan spiritual saya sejauh ini adalah pemurnian pikiran saya dan bagaimana menangani setiap masalah dengan benar – seperti pria tegak dan mulia. Ini adalah hadiah terbesar dalam hidup saya yang akan saya hargai untuk selamanya dan tetap berbagi dengan semua siswa saya,” kata petugas pendidikan sederhana ini dengan ketenangan magis yang memancar dari senyumannya.

Falun Dafa (juga dikenal sebagai Falun Gong) adalah sistem meditasi perbaikan diri berdasarkan prinsip universal Sejati, Baik dan Sabar. Itu diperkenalkan kepada publik oleh Mr. Li Hongzhi pada tahun 1992 di Tiongkok. Meskipun saat ini dipraktikkan oleh lebih dari 100 juta orang di 114 negara, sistem meditasi damai ini telah mengalami penganiayaan brutal di Tiongkok sejak tahun 1999. Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi: falundafa.org dan faluninfo.net. (hui/rp)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds