Erabaru.net. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa semua orang akan menjadi tua, hanya saja ada yang hidupnya bahagia ada yang memprihatinkan di masa tuanya. Sebenarnya itu semua berhubungan erat dengan individu masing-masing.

Selengkapnya simak sembilan poin berikut ini, Anda pun tak perlu cemas lagi tidak ada yang peduli dengan Anda di masa tua !

1. Perlakukan Anak-anak Anda dengan baik, dan ingat, ada beberapa kata yang tak boleh diucapkan

Sebagai orangtua yang bijak harus bisa mendidik anak dengan sabar, jangan gampang terpancing emosi lalu marah-marah pada anak. Ada orangtua yang ketika anaknya berbuat salah lalu menghardiknya dengan kasar “dasar bodoh”, “Keluar!” dan ucapan kasar lainnya.

Asal tahu saja, kata-kata seperti ini sangat menyakiti perasaan, apalagi batin anak-anak yang masih rapuh.

2. Jangan memanjakan anak-anak, ajari mereka bagaimana bersyukur

Ada orangtua yang terlalu memanjakan anak-anaknya, selalu menuruti apa pun permintaan mereka, anaknya bak raja di rumah.

Ketahuilah, anak-anak yang tumbuh besar dalam lingkungan seperti ini, memiliki dua kelemahan: Pertama, kemampuan untuk bertahan hidup sangat lemah, dan mereka akan menjadi “kaum parasit”, tidak bisa mandiri, hanya bisa bergantung hidup pada orang lain. Kedua, tidak tahu bersyukur dan berpotensi menjadi anak durhaka.

3. Perlakukan anak dengan adil, jangan memberi kesan seolah lebih memihak kepada salah satunya

Baik anak laki-laki atau perempuan, mereka adalah anak-anak kita sendiri, adalah buah hati yang dianugerahkan Tuhan untuk kita. Manusia itu terdiri dari darah dan daging, punya perasaan, Anda baik kepadanya, ia tentu akan ingat.

4. Jangan selalu ikut campur dengan urusan anak-anak

Kita selalu memikirkan segala sesuatunya untuk anak-anak saat mereka masih kecil. Namun, berilah mereka kebebasan ketika sudah tumbuh dewasa, apalagi anak-anak yang sudah menikah, karena bagaimana pun juga, pandangan hidup antar dua generasi yang tidak sama itu sangat jauh berbeda.

Sesuatu yang menurut Anda baik dan benar itu belum tentu sama dengan pandangan anak-anak anda.

5. Harus bisa memahami kesulitan anak-anak

Orangtua tidak boleh mempersulit anak-anak dengan alasan bakti sebagai anak. Ada orangtua yang meminta ini-itu pada anaknya, bahkan menyuruh putrinya membelikan mobil, rumah. Ini tidak benar. Orangtua juga harus bersimpati pada putrinya yang sudah menikah, dia sudah punya keluarga dan beban hidup sendiri.

6. Harus bisa mencari kesamaan dalam perbedaan dalam satu atap, jangan selalu mempermasalahkan segalanya

Hidup dalam satu atap pasti akan terjadi gesekan karena beragam faktor, terutama orangtua yang hidup seatap dengan anak-anaknya, karena pandangan (hidup) yang tidak sama, pasti sedikit banyak akan terjadi perselisihan, saat menemui hal seperti ini, cobalah belajar untuk pura-pura bodoh, sekeluarga rukun-harmonis adalah segalanya !

7. Membantu anak-anak melakukan sesuatu yang bisa dilakukan

Beban hidup Anak-anak untuk keluarga itu sangat berat, sering pulang terlambat karena pekerjaan.

Jika selaku orangtua bisa membantunya memasak, anak-anak pasti akan sangat berterima kasih, terutama menantu perempuan, tidak mudah baginya tinggal di rumah mertua. Kalau Anda baik kepadanya, dia pasti bisa merasakan dan akan mengingatnya.

8. Cukup ingatkan beberapa kali, jangan cerewet untuk hal yang sama

Cerewet atau orang yang ngomel tiada henti adalah penyakit umum yang dialami banyak orangtua.

Karena takut anak-anaknya akan salah, sehingga mereka selalu mengingatkan, asal tahu saja, omelan Anda ini hanya akan menjadii bumerang, kalau anak-anak sudah kesal mendengar omelan Anda itu, maka apa pun yang Anda katakan tidak akan lagi didengar oleh mereka, hingga memperkeruh suasana.

9. Memiliki hobi

Kalau ingin hidup bahagia di masa tua, maka anda harus mandiri secara spiritual, jangan segala sesuatunya selalu bergantung pada anak-anak.

Sering-seringlah pergi keluar, berbincang-bincang atau sekadar ngobrol santai dengan tetangga, dan Anda akan merasakan segala beban yang menghimpit pikiran Anda itu pun sirna seketika. Kembangkan hobi atau minat Anda, inilah kenikmatan hidup di masa senja !(jhn/yant)

Sumber: kknews.cc

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

 

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular