Erabaru.net. Sebagai makhluk sosial, kita harus memiliki tenggang rasa dan kepedulian terhadap sesama yang dirundung malang. Namun, tidak mudah untuk bisa melakukan sesuatu demi kepentingan orang lain, tetapi selalu ada orang-orang tulus seperti ini.

Dalam sebuah video di Facebook yang menceritakan tentang seorang pemuda yang kelaparan karena kehilangan dompetnya dan mencoba meminta bantuan pada seorang gelandangan di jalan.

Tak disangka, gelandangan itu mengesampingkan rasa laparnya, dia rela menjual sepeda yang merupakan satu-satunya harta miliknya hanya demi membantu pemuda yang kelaparan itu. Akhirnya niat baik dan tulus dari gelandangan itu pun mendapatkan balasan yang tak terduga.

Dalam video itu, tampak seorang pria muda berjalan ke hadapan seorang tunawisma yang sedang duduk di lantai, pemuda itu menceritakan bahwa dia kehilangan dompetnya 20 menit yang lalu, dan dia merasa lapar karena tak punya uang untuk membeli makanan.

Dia juga mengatakan bahwa temannya baru akan datang menjemputnya 2 jam kemudian, tapi dia meminta gelandangan itu untuk memberinya makanan atau sedikit uang membantunya mengatasi kesulitan.

Gelandangan itu awalnya mengira pemuda itu akan memberinya uang, tetapi tak disangka justru mengemis padanya!

Kemudian, dia berkata sambil menunjuk ransel dan sepeda di sampingnya : “Jujur saja, saya tidak punya apa-apa selain kedua benda ini.”

Pemuda itu tiba-tiba merasa tak berdaya, dia pun menghela napas dan menggumam “hari yang sial”

Pemuda itu mengeluh bahwa dia kurang beruntung, kehilangan dompetnya. (video screenshot)

Gelandangan itu merasa simpati mendengar keluhan si pemuda dan berkata, “Saya juga pernah mengalami hal semacam ini.”

Tak lama kemudian, gelandangan itu pun berdiri dan berkata pada si pemuda : “Saya ada ide, kamu tunggu di sini sebentar,” katanya lalu pergi dengan sepedanya.

Gelandangan itu pergi dengan sepedanya dan meminta si pemuda menunggunya sebentar. (video screenshot)

Dua puluh menit kemudian, gelandangan itu pun kembali lagi dengan napas terengah-engah dan memberi pemuda itu 20 dollar. Namun, si pemuda tidak melihat sepeda milik gelandangan itu.

Dia pun bertanya kepadanya apa yang terjadi, dimana sepedanya ? Gelandangan itu bilang dia telah menggadaikan sepedanya, lalu memberikan 20 dollar itu kepada si pemuda.

Gelandangan memberikan 20 dollar dari sepeda yang digadainya kepada pemuda itu. (video screenshot)

Pemuda itu terkejut dengan langkah yang diambil si gelandangan dan percakapan berikutnya pun menggetarkan sanubari orang yang mendengarnya.

“Kamu bilang sangat lapar, saya juga pernah merasakan kelaparan seperti itu. Kamu pakailah uang itu untuk membeli makanan,” katanya.

“lalu, bagaimana denganmu, apa kamu tidak lapar?”

“Saya selalu lapar. Tapi kamu kehilangan dompet, dan sekarang kamu lapar, sekarang kamu bisa membeli makanan,”kata si tunawisma.

“Saya harap orang lain juga bisa bersikap seperti ini pada saya saat saya mengalami hal seperti yang kamu alami sekarang,”tambahnya.

“Kamu juga tidak perlu seperti ini. Apalagi kamu sama sekali tidak mengenalku.”

“Tidak apa-apa. Sudah sepatutnya orang-orang saling membantu,” kata gelandangan.

Kemudian, mereka berdua mulai mengobrol dengan akrab.

Gelandangan itu mengatakan bahwa dia punya seorang teman yang tinggal di Nebraska dan bisa memberinya pekerjaan. Dengan begitu, dia tidak perlu berkeliaran lagi di jalanan, tetapi perlu 200 dollar biaya naik kereta ke Nebraska. Namun, karena tak punya uang, jadi terpaksa memulung untuk bertahan hidup.

Di tengah obrolan itu, si pemuda kemudian mengembalikan 20 dollar kepada tunawisma, dan memberinya 500 dollar, agar dia dapat menebus sepedanya, membeli sejumlah makanan, kemudian bekerja di Nebraska.

“Maaf, saya telah bercanda dengan Anda. Sebenarnya saya tidak kehilangan dompet, Saya hanya ingin mencoba apakah Anda bersedia membantu saya. Dan apa yang kamu lakukan ini sangat mengesankan sekaligus mengharukan,” kata si pemuda itu.

Si pemuda memberi 500 dollar pada gelandangan itu. (video screenshot)

Terakhir, dua orang pemuda yang setengah jam sebelumnya tidak saling mengenal itu pun saling berpelukan hangat.

Dua pemuda itu tampak saling memberikan pelukan hangat. (video screenshot)

Ternyata video berjudul ‘Homeless Man Does Extraordiany Act ’ itu adalah video Eksperimen Sosial, yang dipublikasikan di Youtube, yang kemudian diedit dan diposting di facebook. Video yang diunggah ke facebook itu telah ditonton puluhan jutaan kali hingga sekarang.(jhn/yant)

Sumber: twgreatdaily.com/Jhn

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular