Erabaru.net. Pernahkah terlintas dalam pikiran Anda atau beranikah Anda melakukan pembalasan jika dipecat oleh perusahaan tempat Anda bekerja?

Demi melampiaskan kekesalannya, seorang manajer wanita menghapus semua file penting milik perusahaan, menyebabkan perusahaan menderita kerugian besar, kemudian, manajer wanita itu pun dituntut!

Sejak 2013 hingga sekarang, manajer wanita bermarga Liao ini bekerja di departemen R & D di sebuah perusahaan di Hsinchu Biomedical Science Park, Kabupaten Hsinchu, Taiwan.

Ilustrasi . Hsinchu Biomedical Science Park, Kabupaten Hsinchu, Taiwan (Foto : Video screenshot)

Namun, tak disangka, perusahaan menemukan bahwa sejak maret 2014, manajer wanita tersebut telah mengambil data-data perusahaan dan menyerahkan rahasia bisnis kepada kompetitor.

Bagi mereka yang berkecimpung di perusahan besar tahu, kode sumber program produk R & D perusahaan, rencana tata letak, spesifikasi, dan informasi lainnya merupakan rahasia komersial penting dari perusahaan. Mencuri dan menjual rahasia bisnis perusahaan adalah tindakan ilegal dan harus menerima sanksinya !

Ilustrasi (Foto: photoAC)

Manajer wanita tersebut secara berturut-turut memberikan informasi-informasi itu kepada perusahaan pesaing, sehingga perusahaan menderita kerugian besar, dan kemudian memecatnya.

Sebelum meninggalkan perusahaan pasca di-PHK, mantan manajer itu menyerahkan laptop dan prosedur pemutusan hubungan kerja pada asisten khusus yang ditunjuk perusahaan.

Tapi tak disangka, mantan manajer itu mengatakan kepada asisten perusahaan bahwa ia ingin menghapus foto pribadinya, dan dalam waktu singkat sekitar 15 menit, dia menghapus lebih dari 14,000 dokumen terkait penelitian dan pengembangan medis.

Karena perusahaan mengalami kerugian besar, kemudian segera melaporkan hal itu ke kantor Investigasi Kota Hsinchu.

Ilustrasi. (Foto : Pixabay)

Mantan manajer wanita itu mengatakan secara terbuka, bahwa dia menghapus semua dokumen di laptop, dan mengatakan bahwa manajer umum memintanya untuk menghapus informasi pribadi dan dokumen-dokumen yang tidak penting.

Tentu saja, itu hanyalah kebohongan manajer Liao, karena manajer umum tidak pernah memintanya melakukan hal seperti yang dikatakan.

Akhirnya, wanita itu dituntut karena “menghapus secara tidak sah dokumen milik orang lain”.

Perusahaan ini telah menginvestasikan sejumlah besar dana untuk mengembangkan produk, namun pada akhirnya itu hilang karena ulah mantan manajer perusahaan tersebut !

Ilustrasi. (Foto: video screenshot)

Meski pun tidak tahu berapa banyak perusahaan kompetitor menghabiskan dananya untuk membeli rahasia-rahasia dagang itu, namun, jika dia bisa mengkhianati perusahaan tempat kerjanya, maka tidak tertutup kemungkinan dia juga akan mengkhianati perusahaan lain di masa mendatang!(jhn/yant)

life.bldaily.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular