Erabaru.net. Dalam beberapa tahun terakhir, dimana karena ulah para teroris, pemeriksaan keamanan bandara di banyak negara semakin diperketat, hal ini dimaksudkan agar pihak keamanan terkait di garis pertahanan bandara dapat secara efektif mencegah para teroris datang ke negara mereka membuat masalah.

Jika Anda pernah ke Amerika Serikat, dimana setelah check in di konter bandara dan mendapatkan sebuah boarding pass (tiket untuk masuk ke dalam pesawat), mungkin Anda dapat memeriksa sejenak apakah Anda terdaftar dalam “daftar (penumpang) berbahaya”!

Umumnya, penumpang diwajibkan menjalani pemeriksaan bagasi dan pemindaian seluruh tubuh ketika melewati pos pemeriksaan keamanan.

Namun, ada penumpang yang harus menjalani seleksi penyaringan keamanan sekunder,yang lebih rumit, seperti penggeledahan sepatu, pemeriksaan bagasi secara manual, deteksi jejak bahan peledak dan semacamnya.

Sekadar diketahui, pemeriksaan semacam itu bisa diketahui dari boarding pass Anda seperti apa orang-orang yang harus menjalani pemeriksaan keamanan sekunder ini.

Coba perhatikan dengan seksama boarding pass Anda. Jika selain waktu penerbangan, nama, dan informasi tambahan normal lainnya, juga terdapat tanda “SSSS”, ini berarti Anda telah ditargetkan sebagai “tokoh spesial”.

Anda akan dikenakan pemeriksaan keamanan yang lebih lama, jadi untuk menghindari keterlambatan dalam perjalanan Anda sendiri dan lainnya, sebaiknya lebih awal ke pos pemeriksaan keamanan di pintu keluar bandara.

Kode “SSSS” adalah “Secondary Security Screening Selection”, yaitu, seleksi penyaringan keamanan sekunder, yang merupakan tanda pemeriksaan keamanan ekstra dari “TSA-Transportation Security Administration / Administrasi Keamanan Transportasi Amerika Serikat.

Setelah Anda melewati seleksi penyaringan keamanan sekunder, dan terhindar dari dugaan teroris, petugas “TSA” akan menandai beberapa simbol khusus pada boarding pass Anda, misalnya, tulisan tangan berupa tiga bintang kecil atau sejenisnya di samping “SSSS-10” atau “SSSS” .

Petugas terkait selalu mengganti tanda yang berbeda sebagai tanda telah lolos dari seleksi penyaringan keamanan sekunder.

Lantas, sosok orang seperti apa yang akan “Mendapatkan hadiah” seperti itu ?”

Berikut beberapa tipenya secara garis besar :

1. Membeli tiket secara tunai ;

2. Membeli tiket pesawat secara mendadak dan check-in pada hari yang sama ;

3. Tiket satu tujuan ;

4. Membawa semua dokumen/sertifikat ;

5. Pernah melakukan proses administrasi-check-in tapi batal naik pesawat ;

6. Pernah tertangkap bea cukai membawa barang terlarang atau tidak menyatakan pajak atas barang;

7. Menuju ke tempat tujuan khusus,

8. Pemeriksaan komputer secara acak.

Jadi, Anda tidak perlu panik jika melihat tanda “SSSS” pada boarding pass Anda! Karena Anda hanya dipilih secara acak oleh komputer, dan petugas bandara juga hanya melakukan pemeriksaan rutin.

Karena frekuensi pengambilan sampel acak komputer untuk keamanan sekunder, jadi, Anda tidak perlu khawatir apakah telah melakukan sesuatu dan menjadi target yang dibidik.(jhn/yant)

Sumber: life.bldaily.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

 

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular