Erabaru.net. Jembatan HKZM (Hong Kong-Zhuhai-Makau), proyek besar Tiongkok, benar-benar luar biasa; tidak hanya menghubungkan Hong Kong, Makau, dan Zhuhai di Provinsi Guangdong, Tiongkok selatan, juga memiliki baja yang cukup untuk membuat tidak hanya satu atau dua, tetapi 60 Menara Eiffel.

Keajaiban teknik ini, yang menghubungkan Hong Kong, Makau, dan Tiongkok daratan melalui Zhuhai, membutuhkan delapan tahun untuk membangun – ditambah enam tahun persiapan sebelum itu, menurut media Tiongkok Xinhua. Seluruh pekerjaan selesai pada Desember 2017 lalu, tetapi jembatan masih belum selesai 100 %.

Dilaporkan bahwa 420.000 ton baja digunakan untuk membuat jembatan sepanjang 55 kilometer ini. Jumlah baja yang digunakan di sini setara dengan angka yang digunakan membangun 60 Menara Eiffel, yang diyakini sekitar 7.000 ton.

Selain jalannya yang berliku-liku, jembatan HKZM juga memiliki terowongan bawah laut yang membentang hingga 6,7 kilometer. Pembangunan bagian jembatan ini terbukti cukup menjadi masalah bagi manajer perencanaan proyek, Gao Xinglin.

“Ada banyak malam di mana saya tidak dapat tertidur, karena ada terlalu banyak kesulitan selama pembangunan,” katanya kepada wartawan, AFP. “Menghubungkan pipa 80.000 ton di bawah laut dengan teknologi kedap air adalah yang paling menantang.”

Tidak diungkapkan berapa biaya keseluruhan proyek, termasuk pembangunan pulau buatan, fasilitas lintas batas baru dan jalan yang terhubung. Namun, beberapa memperkirakan bahwa itu bisa lebih dari 100 miliar yuan( lebih dari 200 triliun).

Jembatan itu pertama kali diharapkan akan dibuka pada 2017 lalu. Sayangnya, rencana itu tidak terlaksana dan telah tertunda sejak itu.

Meskipun tidak ada tanggal pembukaan resmi yang terungkap, para pejabat berharap bahwa jembatan HKZM dapat digunakan oleh publik selama 120 tahun. Ini juga akan mengurangi waktu perjalanan untuk komuter sebesar 60%, lanjut laporan itu.(yant)

Sumber: nextshark.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

 

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular