Erabaru.net. Semakin banyak film fiksi ilmiah dan dokumenter baru-baru ini menggambarkan pemanasan global, badai angin, dan gempa Bumi. Tetapi lebih banyak berita dan koran yang mengulas tentang berbagai bencana yang telah terjadi di belahan dunia.

Selama bencana itu tidak terjadi di sekitar dirinya, manusia tampaknya berpegang pada keberuntungan mereka.

Mereka merasa bahwa hal ini tidak berhubungan dengan diri mereka, kemudian bisa terus menciptakan sampah, menikmati kenyamanan, dan tidak menghargai semua jenis sumber daya alam.

Dalam beberapa tahun terakhir, bencana alam semakin parah dari bencana-bencana sebelumnya, demikian juga dengan pencemaran lingkungan yang selalu terjadi dari hari ke hari.

Sekarang pemerintah telah mempromosikan tidak menyediakan kantong plastik gratis dan membatasi penyediaan produk sekali pakai. Tujuannya adalah untuk mengurangi sampah plastik.

Jika pembelian tas plastik atau produk lain menghasilkan laba, pemerintah harus menggunakan keuntungan ini untuk terus mempromosikan kebijakan perlindungan lingkungan lainnya.

Bencana banjir yang sering terjadi di berbagai wilayah, baik di perkotaan, perkampungan, maupun di pedesaan, antara lain karena penebangan hutan di sekitar hulu sungai, penutupan permukaan tanah dengan beton-beton sehingga air tak mampu meresap ke dalam tanah, selain itu juga karena kebiasaan buruk membuang sampah-sampah plastik dan sejenisnya di sembarang tempat, dan sebagainya.

Beberapa faktor inilah yang menyebabkan hal itu terjadi, tetapi pada umumnya terjadi karena ulah manusia itu sendiri.

Beban Bumi yang disebabkan manusia sudah terlalu berat. Sebenarnya, kita dapat memperpanjang usia Bumi jika kita mengubah gaya hidup dan sedikit ketidaknyamanan.

Dihimbau kepada orang-orang untuk bersama-sama mendukung kebijakan perlindungan lingkungan dan bersama-sama bertanggung jawab untuk keberlanjutan Bumi kita.

Kelangsungan manusia bergantung pada kesantunan manusia terhadap alam. Jadikan momen ini sebagai titik awal memulai gerakan peduli Bumi sebagai wujud kecintaan kita terhadap lingkungan dan untuk menjaga Bumi dari kerusakan.(jhn/yant)

Sumber: life.bldaily.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

 

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular