Erabaru.net. Ilmu pengetahuan adalah jendela dunia. Lewat ilmu pengetahuan, wawasan seseorang pun menjadi luas dan tidak hanya terpaku pada satu pengetahuan saja.

Jika seseorang mendapatkan seorang guru yang baik dalam hidupnya, besar kemungkinan dapat mengubah hidupnya. Oleh karena itu, setiap tahun selalu diselenggarakan upacara penghargaan kepada guru terbaik di seluruh dunia.

Misalnya ” Global Teacher Prize” yang diselenggarakan oleh Varkey Foundation ini, memberi penghargaan kepada para guru terbaik yang telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi dunia pendidikan.

Dan pemenang penghargaan Global Teacher Prize tahun ini adalah Andria Zafirakou, seorang guru asal Inggris, dia dinobatkan sebagai guru terbaik sedunia dan mendapatkan hadiah satu juta dollar AS (sekitar 13,7 miliar rupiah).

Andria Zafirakou mengalahkan 30.000 pesaing dari 170 negara, dan berhasil tampil di podium kehormatan dalam acara penganugerahan yang digelar di Dubai, UEA, pada Minggu (18/3/2018) lalu.

Zafirakou belajar bagaimana mengucapkan salam dalam 35 bahasa untuk digunakan di sekolah tersebut.

Andria Zafirakou yang berusia 39 tahun ini mengajar di Alperton Community School di kawasan Brent, Inggris. Wilayah ini digambarkan sebagai komunitas termiskin di Inggris dan sebagai kawasan dengan tingkat kriminal yang tinggi.

Karena banyak keluarga imigran di sini, sehingga bahasa yang digunakan penduduk di sini hingga lebih dari 130 bahasa dan sebagian besar penduduk juga belum tentu bisa berbahasa Inggris secara lancar.

Agar dapat berinteraksi dengan para siswa imigran ini, Andria Zafirakou secara aktif mempelajari frasa Gujarati, Hindi, Tamil, Portugis, Somalia, Arab, Rumania, Polandia, Urdu, Italia dan 35 bahasa lainnya.

Salah satu hal yang paling sering dilakukan Zafirakou adalah menyapa para siswa di gerbang sekolah dan mengobrol dengan orangtua murid : Dia mengatakan, bahwa sapaan dengan menggunakan bahasa mereka bisa membantu menghilangkan kesenjangan antara kedua pihak dan memungkinkan keluarga terkait masing-masing berbaur dengan komunitas sekolah.

Selain itu, Zafirakou juga menyempatkan diri mengunjungi rumah murid – muridnya untuk bertemu dengan kedua orangtua mereka.

Wilayah ini adalah wilayah paling miskin di Inggris dan merupakan daerah yang sangat bising. Bahkan mereka harus belajar di dalam kamar mandi dan mencoba sebisa mungkin untuk berkonsentrasi. Brent merupakan wilayah padat penduduk dengan lingkungan yang sangat kompleks.

Selain itu, Zafirakou juga merelakan waktunya untuk membuka kelas tambahan di siang hari dan akhir pekan, demi memberikan kesempatan bagi para muridnya belajar dengan tenang.

“Saya menghimbau kepada masyarakat mendukung ‘kekuatan seni’.Saya telah melihat bagaimana seni membantu siswa berkomunikasi. Dengan seni membantu meningkatkan kepercayaan diri dan dapat membimbing siswa muda yang hebat,”kata Andria Zafirakou saat memberikan sambutan di acara penganugerahan itu.

Memiliki guru yang baik adalah hal yang sangat penting, Zafirakou yang bisa secara aktif belajar begitu banyak bahasa untuk mempersempit jarak dengan siswa ini benar-benar mengagumkan. Semoga murid-muridnya dapat merasakan upaya keras gurunya ini !

Pihak Alperton Community School mengatakan kesuksesan Zafirakou berasal dari akar yang dalam dengan beragam komunitas lokal di daerah itu.(jhn/yant)

Sumber: ptt01.cc

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular