Erabaru.net. Pernahkah Anda mendengar sebuah kasus tentang seorang bayi yang lahir dalam kubur? Penemuan kuburan tua di Imola, Italia, yang dilaporkan berasal dari awal Abad Pertengahan menunjukkan kisah horor tentang aspek medis pada saat itu.

Makam itu dikatakan menyimpan sisa-sisa tulang seorang wanita muda yang diperkirakan berusia antara 25 dan 35 tahun dengan fraktur tulang bayi ditemukan tergeletak di selangkangannya.

(Foto : Daily Mail)

Tidak hanya itu, ada lubang di bagian tengkorak wanita itu, sehingga membuat peneliti percaya kematian wanita itu karena perawatan operasi otak pada waktu itu.

Metode yang disebut sebagai trepan digunakan untuk mengobati semua jenis penyakit dan gangguan ringan seperti kandungan yang bermasalah dengan pengeboran lubang di tengkorak.

Menurut peneliti dari Universitas Ferrara dan Bologna, masalah yang dialami oleh wanita selama kehamilan adalah demam panas, kejang, tekanan darah tinggi dan sebagainya. Karena itu, gejala ini hanya bisa diobati dengan trepan.

“Berdasarkan efek dari luka dan tahap akhir dari kandungan, hipotesis kami adalah bahwa wanita mengalami preeklamsia atau eklamsia dan dia telah diobati dengan metode trepan untuk menghilangkan stres di kepalanya.”

Diyakini, wanita itu mampu bertahan setidaknya seminggu sebelum akhirnya dia meninggal. Ini karena ada efek tulang yang secara berangsur-angsur sembuh sehingga membuktikan bahwa pengobatannya berhasil tetapi rasa sakitnya tidak bisa ditanggung oleh wanita itu. Kandungannya pada saat itu kemungkinan telah mencapai usia 38 minggu.

Para peneliti menduga, kemungkinan bahwa ibunya tidak berhasil dipulihkan setelah menjalani operasi. Karena itu, ia dimakamkan saat masih hamil sebelum melahirkan bayinya.

Para peneliti percaya bahwa gas keluar dari tubuh telah memaksa bayi keluar secara alami seolah dia dilahirkan meskipun ibunya sudah meninggal.

Temuan penelitian telah dipublikasikan dalam jurnal World Neurosurgery. Kasus kematian karena perawatan trepan dan kelahiran kuburan adalah salah satu kasus langka dan mengejutkan.(yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular