Erabaru.net. Sebagian besar orang suka menaruh parfum di kaca depan mobil, tetapi ini adalah “bom waktu”! Dan tidak bisa Anda bayangkan betapa dahsyatnya ledakan dari sebotol kecil parfum!

Apakah Anda pikir itu hanya lelucon yang membuat Anda takut?

Khususnya, suhu di dalam mobil yang mencapai hingga 50-60 derajat setelah terkena paparan sinar Matahari, sementara suhu ruang yang aman untuk parfum pada umumnya dikisaran 45 ° C. Jadi bisa dibayangkan, bukan !

Selain itu, parfum pada umumnya juga mengandung alkohol, sementara alkohol mudah terbakar dan memuai, jika kebetulan bentuk botol kaca parfum terlihat seperti lensa cembung, maka ledakannya akan lebih mengerikan apabila sorotan/pembakaran dari sinar Matahari yang dihasilkan menyulut alkohol!

Selain parfum, apa saja barang-barang berbahaya lainnya jika disimpan dalam mobil ?

1. Korek (api) gas

Bagi pemilik mobil yang suka merokok sebaiknya hati-hati, komponen utama korek api gas atau pemantik menggunakan butana cair, mudah terbakar dan eksplosif.

Jangan kira “menaruh di tempat tersembunyi dari sinar matahari di dalam mobil itu sudah aman”. Selama suhu itu cukup tinggi, maka gas didalamnya mudah mengembang dan meledak.

Jika terjadi ledakan, akan menyulut bagian dalam mobil, dan dapat menyebabkan pembakaran spontan di dalam mobil yang tertutup.

2. Ponsel, powerbank

Powerbank, baterai ponsel memiliki risiko meledak di bawah paparan suhu tinggi, apalagi cukup banyak barang palsu berkualitas buruk beredar luas di pasar. Barang yang asli saja bisa meledak apalagi produk yang tidak berkualitas !

3. Minuman berkarbonasi, air kemasan

Di bawah lingkungan bersuhu tinggi, minuman kaleng bersoda dapat dengan mudah mengembangi. Selain itu, suhu yang tinggi dapat menyebabkan minuman/air dalam kemasan berubah dari sisi kualitas atau citarasa, apalagi botol itu sendiri mengandung zat berbahaya yang larut dalam air, baik yang belum diminum atau yang sudah diminum, racun air dalam tubuh akan meningkat apabila dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

4. Kacamata rabun dekat, kaca pembesar

Kacamata rabun dekat, kaca pembesar merupakan lensa cembung bersifat konvergen yang mengumpulkan sinar-sinar yang dibiaskan pada satu titiik-cahaya, jika suhu pada titik fokus terlalu tinggi, mungkin dapat merusak interior bagian dalam mobil dan dapat menyebabkan mobil terbakar secara spontan.

Setelah membaca artikel ini, jangan lupa periksa mobil kesayangan anda apakah ada barang-barang seperti yang di sebutkan di atas, dan singkirkan segera kalau ada, ingat utamakan keselamatan! (jhn/yant)

Sumber: twgreatdaily.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds