Erabaru.net. Sebuah video yang viral beredar di media sosial Tiongkok menunjukkan seorang ibu memberi makan putranya yang masih kecil kecebong hidup dengan keyakinan bahwa itu akan membuatnya tetap sehat dan bugar.

Namun, kecebong ini bisa terinfeksi parasit yang bisa membuat seseorang sakit parah jika dikonsumsi mentah, menurut ahli bedah anak, sebagaimana diterjemahkan oleh Shanghaiist.

Sebuah laporan pada 2017 yang didanai oleh Yayasan Ilmu Pengetahuan Alam Nasional Tiongkok memperingatkan orang-orang untuk menghentikan praktik makan kecebong hidup dan menunjukkan bahwa 11,93% kecebong di Propinsi Henan , Tiongkok tengah terinfeksi dengan plerocercoids, yang merupakan bentuk larva terakhir dari beberapa cacing pita pseudofilid.

“Makan kecebong hidup adalah risiko tinggi untuk infeksi sparganosis,” kata laporan itu. “Pendidikan kesehatan masyarakat yang komprehensif harus dilakukan untuk orang-orang di daerah endemik dan kebiasaan buruk makan kecebong hidup harus dicegah.”

Mereka yang terinfeksi mungkin memiliki gejala yang sama seperti seorang petani berusia 29 tahun dari Tiongkok tengah yang menderita sangat mengerikan dari demam tinggi yang terus-menerus dan sakit perut, adhesi usus, obstruksi dan asites, laporan medis menyebutkan. Pengobatan untuk infeksi itu mahal dan bisa berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Infeksi juga bisa menyebar ke area lain di tubuh. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit Tiongkok, infeksi dapat ditemukan di mana saja, termasuk jaringan subkutan, payudara, saluran kemih, rongga pleura, paru-paru, visera perut dan bahkan sistem saraf pusat.

Sementara komunitas ilmiah sangat setuju bahwa makan kecebong hidup bukanlah ide yang baik.

Namun seorang presenter televisi Inggris mempunyai pandangan berbeda.

Chris Packham, seorang naturalis dan presenter di BBC Two “Springwatch,” mencatat dalam memoarnya tahun 2016 berjudul “Fingers in the Pickle Jar” bahwa memakan kecebong akan membawa anak-anak lebih dekat dengan alam. Dia juga menulis tentang pengalamannya makan kecebong untuk pertama kalinya ketika dia lebih masih anak-anak.(yant)

Sumber: nextshark.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular