Erabaru.net. Di tempat kerja penuh dengan perlakuan tidak adil, ada (bos) yang sengaja memotong bonus karyawan, ada yang tidak memberikan bonus akhir tahun (THR). Ada juga bos yang cerdik, dimana demi menghemat kompensasi mengeluarkan karyawan, akan berusaha dengan berbagai cara memaksa secara halus karyawannya sendiri yang mengajukan diri untuk resain.

Berikut beberapa siasat bos yang memaksa Anda untuk mengundurkan diri dengan sendirinya.

1. Mutasi karyawan

Bos akan mengetahui secara akurat terhadap mentalitas karyawannya. Dia sadar betul ada beberapa karyawan lama yang memiliki posisi penting dan punya kinerja yang sangat baik. Namun, demi memecat karyawan terkait, bos akan dengan sengaja merotasi mereka ke perusahaan cabang di daerah lain.

Secara permukaan memang tampak seperti dipromosikan, padahal sebaliknya Anda justru didemosikan.

Karyawan yang lebih senior biasanya tidak dapat menerima mutasi semacam itu untuk sesaat, sehingga seringkali memilih untuk mengundurkan diri dan merintis kariernya di daerah setempat, karena di sana ada keluarga dan koneksinya.

2. Wewenang semu

Karyawan senior yang sangat rajin dalam pekerjaan mereka kerap akan memberikan beberapa ide menarik kepada bos mereka saat rapat, dan selalu didukung oleh karyawan lain.

Karena mereka jujur dan polos (tidak pernah berpikir negatif dan mengantisipasi karyawan lain berjiwa kerdil), sehingga sangat mudah dicelakai karyawan lain yang berjiwa kerdil dan picik di tempat kerja.

Mereka akan secara sengaja mengatakan hal-hal neqatif tentang Anda di depan bos, lama kelamaan, setelah banyak mendengar, bos pun mulai percaya bahwa orang seperti Anda itu adalah karyawan yang buruk bagi perusahaan, kemudian dengan sengaja memindahkan Anda ke beberapa posisi tanpa wewenang apa pun untuk memaksa Anda mengundurkan diri!

3. Rotasi jabatan dan menurunkan gaji

Bos akan memberi perhatian khusus kepada karyawan yang direkomendasikan oleh teman-temannya. Agar karyawan baru bisa dipromosikan dengan cepat, bos akan menyuruh karyawan senior untuk membimbing karyawan baru selama 3 bulan.

Setelah karyawan baru menguasai semua pekerjaan Anda, bos akan mengarang beberapa alasan untuk merotasi posisi Anda, dan mengurangi gaji Anda dengan cara ini, sekaligus mempromosikan karyawan baru, sementara karyawan yang lebih senior biasanya tidak dapat menerima perlakuan semacam itu lalu mengundurkan diri dengan sendirinya, benar-benar taktik yang sangat cerdas, bukan ?

4. Sengaja mencari-cari kesalahan

Kinerja kerja rekan jauh lebih buruk daripada karyawan yang rajin dan jujur, tetapi si bos memang secara sengaja suka mencari-cari masalah/kesalahan pada karyawan yang jujur.

Terutama ketika kinerja karyawan yang jujur sangat memuaskan itu, jasanya (hasil kerja) selalu menjadi milik bos, sementara jika terjadi masalah pada produk, maka kita yang selamanya disalahkan.

Kemudian menegur atau memarahi karyawan yang jujur dengan alasan lalai dalam pekerjaan, tidak serius bekerja, kurangnya tanggung jawab dan alasan yang dibuat-buat, padahal itu adalah kesengajaan yang ditujukan pada anda, agar anda tertekan di perusahaan, hingga pada akhirnya anda akan memilih untuk mengundurkan diri!

5. Bicara secara pribadi dengan karyawan

Bos akan mencari waktu untuk berbicara dengan karyawan yang akan ditendangnya. Si bos akan secara sengaja meningkatkan beberapa target, padahal dia tahu betul target bulan lalu itu hampir tak tercapai, namun, dia sengaja tingkatkan lagi lebih dari 20%, tujuannya sangat sederhana, yaitu, supaya Anda tidak mencapai target, sehingga dengan demikian Anda akan mengundurkan diri dengan sendirinya.

Terkadang, mengundurkan diri dari pekerjaan dapat membuat Anda tumbuh lebih cepat, mendapatkan gaji yang lebih ideal, belajar lebih banyak dan menikmati lebih banyak kesenangan!

Tentu saja, Anda bisa tetap bertahan di perusahaan seperti itu sambil menelan kepahitan secara diam-diam, menunggu waktu yang tepat, kemudian menendang bos Anda itu, merintis usaha sendiri dan menjadi bosnya !

Nah, kepada para pembaca yang cerdas, bagaimana reaksi Anda jika kebetulan mempunyai bos seperti itu, yang memaksa anda untuk mengundurkan diri ? (jhn/yant)

Sumber: kknews.cc

pakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular