Erabaru.net. Microwave membawa banyak manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari, membuat hidup kita menjadi lebih nyaman dan praktis, tetapi dimana ada kelebihan, disitu juga ada kekurangannya, jika digunakan secara tidak benar, tidak tertutup kemungkinan dapat menyebabkan bahaya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa memanaskan telur dalam microwave dapat memicu ledakan.

Namun, seorang pria di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, tampaknya terlalu ceroboh. Dia memanaskan telur dalam microwave, akibatnya, telur itu meledak mengenai matanya dan membuat bola mata pria itu pecah hingga menyebabkan kebutaan permanen!

Pria bermarga Zhu, usia 30 tahun itu setiap hari selalu merebus telur untuk sarapan anaknya.

Suatu pagi, karena terlambat bangun dan terburu-buru, dia pun memasukkan telur ke dalam mangkuk plastik berisi air dan dimatangkan dalam microwave. Dua menit kemudian, pria itu membuka microwave dan telur itu meledak. Namun, karena pria itu menghadap microwave, sehingga matanya rusak parah.

Dari hasil pemeriksaan dokter, kelopak mata dan bola mata pria itu pecah akibat ledakan, dan dinyatakan buta permanen.

Perlu Anda diketahui, proses pematangan/pemanasan telur itu berasal dari luar ke dalam, tetapi prinsipnya terbalik jika mematangkan telur dengan microwave. Bagian dalam telur akan mengembang ketika dipanaskan, sementara kulit telur menghambat pengembangan dari gas di dalamnya, sehingga akan meledak.

Saran ahli :

Pastkan cangkang telur dibuang dan masukan ke dalam wadah jika menggunakan microwave untuk mematangkan telur. Ada yang mencoba mematangkan telur dengan melubangi cangkangnya, namun, cara demikian juga relatif bahaya.

Jika mematangkan telur cair atau sup telur, sebaiknya sisakan lubang udara pada penutupnya, jika tidak akan terjadi ledakan.

Singkatnya, harus ada lubang udara di luar kemasan makanan. Semua makanan yang disegel rapat harus dibuka dulu baru aman dipanaskan dengan microwave.

Makanan yang tertutup rapat, bercangkang, atau makanan lain yang disegel itu harus diberi beberapa lubang dengan tusuk gigi, kalau tidak, maka risikonya akan seperti yang dialami pria malang tersebut di atas. Semoga bermanfaat.(jhn/yant)

life.bldaily.com

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular