Erabaru.net. Karena sebagian besar dari kita sekarang sadar, Facebook dan situs jejaring sosial lainnya ternyata tidak seaman yang kita duga sebelumnya dan menimbulkan risiko serius bagi data pribadi kita di internet.

Skandal Cambridge Analytica – di mana 87 juta pengguna Facebook dari seluruh dunia memiliki data pribadi mereka disalahgunakan – ini telah mengajarkan kita untuk tidak mempercayai situs media sosial untuk menyimpan informasi pribadi kita. Terima kasih, Zuckerberg.

Itu sebabnya jika Anda masih berencana untuk mempertahankan akun Facebook, Anda harus benar-benar mempertimbangkan untuk menghapus informasi berikut dari profil Anda.

# 1. Tanggal kelahiran Anda

Memiliki akses tanggal kelahiran Anda hanya mempermudah penipu untuk mendapatkan akses ke data pribadi Anda serta informasi rekening bank Anda.

# 2. Nomor telepon Anda

Apakah Anda ingin semua teman Facebook Anda (atau orang yang melihat profil Anda) memiliki nomor telepon Anda? Jika tidak, hapus saja!

# 3. Foto anak-anak keci Anda

“Informasi apa yang ingin dilihat anak-anak tentang diri mereka sendiri di masa depan?” Tanya Victoria Nash, direktur yang bekerja di Oxford Internet Institute. Anak-anak mungkin tidak ingin foto mereka dipajang di berbagai halaman media sosial.

# 4. Di mana anak Anda bersekolah

Menurut laporan NSPCC, jumlah kejahatan seksual yang tercatat telah meningkat secara signifikan selama setahun terakhir.

“Polisi mencatat 36.429 kejahatan seksual terhadap anak-anak di Inggris pada tahun 2013/2014,” kata laporan itu. “Di Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara, polisi telah mencatat jumlah kejahatan seksual tertinggi pada anak-anak selama satu dekade terakhir.”

Singkatnya, jangan biarkan pelaku kejahatan seks atau penculik potensial menemukan anak Anda.

# 5. Layanan lokasi

Pada 2015, TechCrunch melaporkan bahwa lebih dari 500 juta orang menggunakan Facebook dari ponsel mereka. Nomor yang sama berpotensi memposting lokasi mereka ke situs, yang berarti siapa pun dapat mengetahui di mana Anda berada.

# 6. Manajer atau CEO Anda

Tergantung pada pengaturan privasi Anda, bos Anda dapat melihat semua yang telah Anda tulis di profil Facebook Anda.

# 7. Jangan menandai lokasi Anda

Orang yang tahu persis di mana kamu berada tidak baik. Dan jika Anda menandai lokasi Anda di rumah, pada dasarnya Anda memberikan alamat Anda.

# 8. Kapan dan di mana Anda pergi berlibur

Tindakan ini seperti mengundang pencuri untuk memasuki rumah Anda.

# 9. Detail kartu kredit atau kartu debit Anda

Ini sangat jelas sekali , jangan sekali-kali berbagi rincian keuangan di media sosial.

# 10. Gambar boarding pass Anda

Kode bar di boarding pass Anda berpotensi dapat digunakan untuk mendapatkan informasi pribadi yang Anda berikan kepada maskapai.(yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular