Erabaru.net. “Saya rasa kita diretas,” kata Alan Leeson, Kepala Pemerintah Daerah Shire of Moora di Australia Barat setelah memeriksa kota tersebut di halaman Facebooknya.

Halaman facebook ini berisi informasi harian kepada sekitar 2.000 penduduk kota terkait, namun, tak disangka telah memiliki 101.000 pengikut dalam semalam.

Pemerintah Daerah Moora, Australia, mengupload sepenggal video yang diambil oleh sebuah pesawat tak berawak pada Desember tahun lalu yang menunjukkan proses pengaspalan di Airstrip Road sepanjang 4,9 km ke bandara kota.

Hebatnya, video ini telah ditonton lebih dari 15 juta kali pada pekan lalu dan dibagikan 377.389 kali dengan 5572 komentar, demikian dilansir dari laman Western Australia.com.

Dari video udara tersebut dapat disaksikan, sebuah truk sedang mengaspal sebuah jalan tanah setempat.

Ke mana pun truk itu lewat, tampak sejalur “Tape Bitumen atau pita perekat aspal” yang datar dan lebar tertata dengan rapi. Setelah itu, truk lain menuangkan kerikil ke “atas pita perekat aspal” sebagai proses selanjutnya.

“Kami segera merilis video yang semula berdurasi selama 15 menit itu,” kata Leeson.

“Alasan kami mengusulkan perekaman video ini karena banyak orang yang tidak tahu tentang proses pengaspalan jalan, jadi saya ingin semua orang menyaksikannya secara riil proses terkait. Dan saya tidak menyangka begitu banyak orang yang benar-benar tertarik,” tambahnya.

Terkadang saya menontonnya sampai berkali-kali, jauh lebih menarik daripada menonton film “Cars”. Tulis seorang netizen wanita.

Ada juga netizen dari Philipina, India dan Nigeria yang meninggalkan pesannya, mereka berharap teknologi pengaspalan jalan yang canggih seperti itu dapat diterapkan ke negara mereka.

Total biaya untuk perbaikan atau pengaspalan jalan ini sekitar 443.000 dollar Australia atau sekitar 4,6 miliar rupiah. Sumber pendanaannya diambil dari Badan Pembaruan Jalan Australia.

Langkah kebijakan pemerintah daerah Moora ini, membuat jumlah like di halaman Facebook mereka berada diperingkat kedua di antara pemerintahan setempat di Australia Barat, hanya satu peringkat dibawah Perth yang memiliki 132,573 orang. (jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular