Erabaru.net. Psikopat adalah jenis gangguan mental yang dapat dideteksi melalui perilaku individu yang anti-sosial dan sering menimbulkan bahaya pada lingkungan di sekitarnya.

Seorang psikopat tidak dikategorikan sebagai ‘gila’ karena psikopat menyadari perbuatannya sendiri. Dalam kasus kriminal, psikopat biasanya terdiri atas pembunuh yang melakukan pembunuhan secara kejam, pemerkosa, dan sebagainya.

Tanda-tanda yang menunjukkan seorang anak mungkin dapat menjadi seorang psikopat bisa tedeteksi sejak usia tiga tahun.

Masalahnya, mayoritas orangtua tidak merasakan tanda-tanda yang terjadi pada anak-anak, adalah penting untuk mengenalinya demi untuk perkembangan masa depan mereka.

(Foto: Film BBC)

J.M. Macdonald yang merupakan seorang psikiater Amerika telah melakukan penelitian tentang perilaku 100 penjahat dan ia menemukan banyak penjahat seperti pembunuh berantai memiliki fitur-fitur seperti yang akan dijelaskan di bawah selama masa kanak-kanak mereka.

# 1 Suka melakukan kekejaman terhadap binatang

Kekejaman terhadap hewan adalah salah satu tanda paling penting dan signifikan untuk melihat gangguan ini pada anak-anak.

(Foto : Great! Schools)

Jika anak Anda melampaui batasan dengan bertindak seperti menarik-narik ekor kucing, melempar anjing dengan batu atau membunuh binatang, Anda harus mengambil langkah berikutnya.

Tindakan semacam itu adalah cara pembunuh berantai untuk melepaskan amarah mereka dengan melakukan kekejaman terhadap hewan yang tidak berdaya untuk melawan.

Buktinya, lihat foto pembunuh berantai Amerika bernama Jeffrey Dahmer. Perhatikan bagaimana dia memegang anak kucing itu. Setelah dewasa, Jeffrey menjadi penjahat yang kini menghadapi 15 vonis mati.

(Foto : Wikipedia)

# 2 Suka membakar harta benda dengan sengaja

(Foto : Lincoln County Fire News)

Jika seorang anak memiliki kecenderungan untuk menyebabkan kebakaran entah itu kecil atau besar, Anda harus memperhatikan bahwa ini adalah tanda kedua terpenting dan cara lain untuk melepaskan amarah dan pemberontakan.

# 3 Selalu ngompol saat tidur

(Foto : Singh Vaid)

Belum tentu semua anak yang buang air kecil saat tidur akan menjadi penjahat kejam di masa depan. Namun, kondisi ini adalah masalah yang memalukan bagi mereka dan jika orangtua gagal mengatasi masalah ini dengan baik, maka anak itu dapat berubah menjadi individu yang pemarah.

Misalnya, Andrei Chikatilo selalu dipukul ibunya setiap kali dia kencing di malam hari. Lama kalamaan, dia mulai melakukan hal-hal buruk kepada anak-anak lain dan senang melihat anak-anak itu menderita karena perilakunya.

# 4 Suka melanggar aturan

Anak normal biasanya akan menipu atau mengakui kesalahan mereka masing-masing. Tetapi untuk anak-anak psikopat, mereka cenderung bersemangat ketika membuat kesalahan.

(Foto: Tumblr)

Misalnya, dalam film Harry Potter yang menampilkan adegan masa kecil Voldemort. Voldemort mencuri mainan dari anak-anak lain karena dia suka melihat orang lain kehilangan sesuatu yang penting bagi mereka.

# 5 Berbohong tanpa merasa menyesal

(Foto: Daily News)

Berbohong biasanya terpaksa dilakukan oleh anak-anak karena takut akan hukuman yang bakal dikenakan padanya. Tetapi jika anak Anda berbohong tanpa rasa bersalah, ada yang salah dengan mentalitas mereka.

# 6 Suka membuli

(Foto : Acculturated)

Gejala bullying dapat terjadi pada beberapa hal seperti menginginkan perhatian, menginginkan kekuatan, meniru tindakan orangtua dan sebagainya. Jika para pembuli cenderung menindas karena menikmati melihat orang lain sengsara, maka si pembuli cenderung memiliki karakteristik psikopat di dalam dirinya.

# 7 Tidak sensitif

(Foto : Twitter)

Anak-anak dengan karakteristik psikopat tidak menunjukkan rasa takut pada teman. Faktanya, mereka tidak mengalami tekanan dan tidak memahami apa itu belas kasihan.(yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular