Erabaru.net. Jika saya beri tahu Anda bahwa ikan beku dapat hidup kembali setelah dimasukkan selama “30 detik”ke dalam air hangat, apakah Anda percaya?
v

Ini adalah “teknologi pembekuan cepat” yang dikembangkan oleh perusahaan perdagangan internasional di Taiwan.

Hebatnya, teknologi ini dapat segera mengembalikan vitalitas ikan setelah dicairkan kembali ke dalam air suhu kamar. Keseluruhan prosesnya tampak sangat menakjubkan.

Dalam video, tampak seorang staf memasukkan ikan hidup pada suhu rendah -35 derajat Celsius untuk “pembekuan cepat.”

Sekitar 10 detik kemudian, ikan yang dibekukkan itu pun menjadi sekeras batu.

Anehnya, ikan yang telah dibekukkan itu dapat hidup kembali setelah dicairkan dalam air, benar-benar mengherankan dan sulit dijelaskan secara logika.

Meskipun ada yang merasa cara penyimpanan ikan seperti itu agak kejam, namun, tidak dipungkiri teknologi ini dapat menjaga ikan tetap segar hingga 2 tahun lamanya, dan tektur maupun citarasa dagingnya tidak akan berubah sama sekali, dan akan tetap segar tersimpan.

Karena kebanyakan ikan memiliki protein antibeku di dalam tubuhnya, sehingga ikan akan langsung membeku dalam kondisi hibernasi pada suhu rendah -35 derajat.

Sebenarnya, teknik pembekuan serupa seringkali digunakan dalam buah-buahan dan sayuran, seperti lengkeng, mangga, makanan yang dimasak, dan produk akuatik.

Untuk memastikan 100% kesegaran bahan makanan, ada teknologi di Jepang yang disebut ” Cells Alive System (CAS)” yang dapat mencegah sel-sel rusak selama proses pembekuan, sehingga dapat menjaga kesegaran bahan makanan.

Selain itu, ada perusahaan yang akan segera membekukan ikannya begitu menjala ikan, demikian juga dengan udang segar akan dibekukan dalam 30 menit untuk menjaga kesegarannya.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular