Erabaru.net. Jalur kereta api adalah inti dari fasilitas kereta api. Tanpa rel, kereta api hanyalah hiasan yang tidak berguna.

Rel kereta api terdiri atas sepasang batang rel berbahan besi baja yang disusun secara paralel dengan jarak yang konstan (tetap) antara kedua sisinya.

Batang rel tersebut ditambat (dikaitkan) pada bantalan yang terbuat dari beton atau kayu yang disusun secara melintang terhadap batang rel dengan jarak yang rapat, untuk menjaga agar rel tidak bergeser atau merenggang.

Dan di bawah bantalan merupakan suatu lapisan berupa batu-batu berukuran kecil yang ditaburkan di bawah trek rel, tepatnya di bawah, samping, dan sekitar bantalan rel (sleepers), menjaga trek rel agar tetap berada di tempatnya, memperlancar proses drainase air hujan.

Jalur rel kereta api dapat dikatakan sebagai urat nadi dari fasilitas kereta api, dan oleh karena itu perlu dilakukan perawatan dan perbaikan untuk memastikan sistem kerja yang baik.

Dalam video yang menunjukkan proses perawatan dan perbaikan rel kereta api, bisa kita saksikan bahwa pekerjaan perawatan dan perbaikan rel kereta api ini sangat menguras waktu dan tenaga.

Dan tanpa disadari wawasan kita pun bertambah setelah menyaksikan videonya.(jhn)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular