Erabaru.net. Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan oleh jurnal Critical Care telah mengungkapkan bahwa individu dengan golongan darah O memiliki tingkat risiko kematian yang tinggi di antara pasien yang mengalami trauma.

Menurut Science Daily, penelitian ini melibatkan 901 pasien di unit perawatan darurat di Jepang antara 2013 dan 2016. Para peneliti diberi izin untuk memeriksa catatan kesehatan dan medis pasien untuk tujuan mengumpulkan informasi.

(Foto : Telegraph)

Para peneliti, yang terdiri dari staf Pusat Medis Tokyo dan Rumah Sakit Gigi Universitas, menemukan bahwa pasien yang mengalami traumatik berdarah O memiliki persentase kematian 28%, dibandingkan dengan pasien dengan jenis darah yang berbeda hanya memiliki persentase 11%.

“Studi baru ini menemukan bahwa golongan darah O merupakan faktor risiko untuk haemorrhage, yang merupakan pendarahan dalam jumlah besar. Kehilangan darah yang banyak akan menyebabkan kematian pada pasien dengan trauma kritis, tetapi studi tentang hubungan antara golongan darah dan risiko kematian traumatis jarang dilakukan. Kami ingin menguji hipotesis apakah kelangsungan hidup trauma dipengaruhi oleh perbedaan dalam golongan darah, “kata Dr. Wataru Takayama.

Oleh karena itu, tim peneliti melakukan penelitian dan menemukan bahwa pasien yang berdarah O memiliki tingkat faktor Von Willebrand yang rendah dibandingkan dengan mereka yang memiliki golongan darah lainnya. Untuk pengetahuan Anda, faktor Von Willebrand adalah agen pembekuan darah yang membantu menghentikan pendarahan ketika pasien mengalami trauma, misalnya selama kecelakaan.

(Foto : World Atlas)

Mereka percaya bahwa rendahnya faktor Von Willebrand akan menyebabkan pasien kehilangan lebih banyak darah dan cukup sulit untuk menghentikan pendarahan.

Namun, menurut penulis studi ini, Ia hanya dilakukan pada pasien di Jepang saja dan studi yang lebih rinci diperlukan untuk mengidentifikasi apakah temuan penelitian ini dapat diterapkan untuk semua kelompok etnis.(yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular