Fotografer Ini Mengabadikan Pemandangan Gletser di Arktik,Ia Melihat Peristiwa yang Nyaris Mustahil di Hadapannya

80
fotografer

Erabaru.net. Fotografer James Balog dan timnya sedang mempelajari gletser, tetapi kamera mereka menemukan sesuatu yang tidak biasa.

Pemandangan itu terjadi di Greenland, James dan rekan-rekannya mengumpulkan gambar dari kamera yang dipasang di sekeliling Arktik selama bertahun-tahun.

James dan stafnya tengah merekam beberapa pemandangan yang indah untuk film dokumenter, namun, mereka tidak menduga akan menyaksikan pemandangan yang luar biasa di hadapan mereka.

Meskipun fotografer asal Amerika ini , khusus mengabadikan fotografi alam, namun, selama beberapa waktu, ia tidak percaya pada perubahan iklim.

Padahal selama hampir 20 tahun, dia selalu mencibir para ilmuwan tentang pemanasan global.

“Saya tidak berpikir manusia dapat mengubah fisika dasar dan kimia dari planet maha besar ini. Ini tampaknya tidak mungkin,” kata James.

Sampai pada tahun 2005, James baru menyadari apa yang salah dan dengan hati-hati mempelajari bagaimana perubahan iklim mempengaruhi alam.

Selama survei terkait Arktik yang ditugaskan oleh National Geographic, dia telah menyaksikan kerusakan yang luar biasa.

Kebetulan10 tahun kemudian, saat pemutaran perdana film James “Chasing Ice”, dia memutuskan merekam pencairan gletser dengan kamera video.

Dalam hal ini, James mendapatkan salah satu pemandangan paling spektakuler yang pernah disaksikannya selama ini.

Dalam waktu kurang dari satu jam dan 15 menit, James dan timnya melihat sebongkah besar gletser jatuh ke laut.

Peristiwa bersejarah ini telah dicatat dalam Guinness World Records, yang dengan jelas menunjukkan situasi iklim Bumi yang memprihatinkan.

Kita tahu, ini adalah bencana alam geologi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sayangnya, hampir mustahil ini akan menjadi yang terakhir kalinya.

Pada November 2016 lalu, suhu rata-rata Arktik lebih hangat 20 derajat, jauh lebih hangat dari yang diprediksi studi sebelumnya.

Celakanya, jika kita tidak dapat menyesuaikan emisi gas rumah kaca global hingga nol sebelum tahun 2070, maka kita akan menghadapi bencana. Namun, dari perspektif positif, kita masih memiliki peluang untuk mewujukan tujuan ini.

Semoga video ini akan membantu lebih banyak orang untuk percaya betapa seriusnya situasi seperti di atas, dan kita dapat membantu membalikkan peristiwa ini bersama-sama! (jhn/rpg)

Video Rekomendasi: