Erabaru.net. Akhir pekan jalan-jalan sejenak ke pegunungan, tapi tak disangka justru menyelamatkan seekor elang gunung yang terluka. Itu adalah “pertemuan tak terduga” yang tak terlupakan Zhang, salah seorang penduduk di Xi’an.

Menurut penuturan Zhang, pada hari itu, dia dan temannya berjalan-jalan ke gunung pada akhir pekan. Tapi, ketika berada di sisi gunung, sayup-sayup dia melihat sesuatu gerakan yang aneh di tengah hutan. Dan dia melihat seekor elang yang terluka akibat tali kawat yang membelit kakinya!.

Zhang dan temannya kemudian segera melepaskan tali kawat dan dengan hati-hati mengangkat “elang besar” itu.

Dari foto yang diberikan Zhang, elang itu berwarna coklat gelap, matanya bundar dan bersinar tajam, postur badan yang besar kekar, panjang sayap sekitar dua meter saat dibentangkan, dan berat badan diperkirakan lebih dari 30 kilogram.

Setelah diteliti oleh seorang ahli dari kawasan konservasi Suaka Margasatwa di Xi’an, Tiongkok, mengatakan bahwa itu adalah burung Nasar, yang juga dikenal sebagai “elang bangkai”.

Adalah burung pemangsa besar yang memakan bangkai, tetapi juga menangkap mangsa hidup. Burung ini termasuk hewan langka kategori appendix 2 yang dilindungi.

Selanjutnya, “Elang bangkai” itu diambil alih oleh staf polisi Hutan Thai ping, Huping County, Tiongkok dan dirawat dengan telaten.

Zhang tak menduga niatnya untuk jalan-jalan santai sejenak di gunung, justru menemui sesuatu yang langka, menyelamatkan seekor elang bangkai yang terperangkap di hutan. (jhn/rpg)

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular