Erabaru.net. Saat ini, AS dan Korea Utara berada dalam persiapan untuk pertemuan tingkat tinggi Trump – Kim Jong-un yang rencananya akan diadakan pada 12 Juni 2018.

Hari Rabu (30/05/2018) pemerintah Jepang mengungkapkan bahwa rombongan pertama pesawat tempur siluman AS F-22 telah tiba di Pangkalan Udara AS di Kadena, Okinawa.

Angkatan Udara AS berencana untuk sementara menempatkan 14 buah pesawat tempur F-22 di Jepang. 4 Unit pesawat tersebut sudah tiba di Jepang pada Rabu lalu. Sisanya 10 akan terbang dalam waktu dekat. Sumber mengatakan pesawat tersebut  akan ditempatkan di Pangkalan Udara Kadena selama sekitar satu bulan.

Presiden AS Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan bertemu pada 12 Juni. pemerintah AS sedang melakukan kordinasi berkaitan dengan masalah tersebut. Serta memanfaatkan kesempatan untuk menempatkan F-22 di Pangkalan Udara Kadena, Okinawa dengan tujuan utamanya adalah untuk menunjukkan kekuatan militer dan membuat shock Korea Utara.

Selain itu, televisi NHK Jepang pada 29 Mei melaporkan bahwa kapal induk bertenaga nuklir AS USS.Ronald Reagan pada hari yang sama pukul 10.00 waktu setempat telah meninggalkan pangkalan Yokosuka setelah selesai perawatan. Ini adalah pertama kalinya USS.Ronald Reagan meninggalkan Yokosuka setelah memindahkan pesawat ke Pangkalan Iwakuni di Prefektur Yamaguchi.

Angkatan Laut AS mengatakan kapal induk USS.Ronald Reagen berlayar kembali ini adalah untuk kegiatan ronda rutin di kawasan Asia Pasifik. Apakah kapal induk tersebut akan melakukan suatu tindakan di lepas pantai Semenanjung Korea jadi menarik untuk diperhatikan.

Selain itu, di Hawaii, Menteri Pertahanan Jepang dan Amerika Serikat pada Selasa  mengatakan kedua negara akan terus memberikan tekanan dan sanksi terhadap Korea Utara sampai Korea Utara bersedia meninggalkan senjata nuklir dan program rudal balistik.

Central News Agency melaporkan bahwa AS terakhir kali menempatkan F-22 di Pangkalan Udara Kadena adalah bulan Januari-April 2014. Pesawat tempur F-22 juga terbang ke Pangkalan Udara Kadena pada bulan Februari-Maret tahun ini, namun tidak ditempatkan di sana.

Pasukan AS sejak bulan November tahun lalu menempatkan sementara 12 buah pesawat tempur siluman F-35 di Kadena, tapi sebelum minggu awal bulan Mei telah kembali ke Pangkalan Udara Hill di negara bagian Utah AS.

Selain itu, militer AS mengadakan latihan pemboman di Camp Schwab, Naguu, Okinawa sejak 22 Mei lalu. (Sinatra/asr)

Share

Video Popular