Erabaru.net- Terobosan ini adalah satu langkah kecil bagi Thailand, tapi menjadi satu lompatan besar bagi buah-buah yang terkenal di Asia Tenggara ini.

Thailand berencana untuk meluncurkan durian ke orbit untuk menguji daya tahannya dalam sebuah proyek terhadap “raja buah” yang dikonsumsi dalam kondisi nol gravitasi.

“Di masa depan kami ingin astronot untuk bisa menyantap makanan Thailand,” kata juru bicara untuk Geo-Informatika dan Pengembangan Teknologi Luar Angkasa (GISTDA) Thailand dilansir Saudigazette.

“Kami ingin melihat apakah ada perubahan fisik setelah kembali ke bumi, misalnya mungkin menjadi lebih kecil, atau merekah.”

Durian terkenal karena popularitasnya dan terkenal karena baunya yang menyengat, mendorong larangan membawa durian ke kamar hotel, lift dan kabin pesawat.

Buah durian (Shutterstock)

Reputasi buah itu menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana diletakkan di dalam ruang tertutup di pesawat luar angkasa.

Tetapi pengujian dari sebuah organisasi yang belum disebutkan namanya menyebutkan akan menggunakan versi buah yang dikeringkan dan disegel hampa udara yang membungkus lebih sedikit bau.

Belum diketahui secara pasti kapan rencana ini akan diwujudkan. Beragam jenis nasi Thai nantinya direncakan akan jadi bekal bagi astronut si pembawa durian ini.

Buah durian (Shutterstock)

Kemajuan teknologi dan semakin banyaknya negara mengirim warganya ke luar angkasa telah memperkaya masakan yang dikonsumsi astronot dengan rasa baru.

Sebelumnya pada 2008, Kimchi yang dikenal sebagai hidangan acar telah dikirim ke angkasa. Ketika itu, Kimchi yang difermentasi telah dibawa oleh seorang astronot Korea Selatan.

Semoga kiranya kelak buahan atau masakan Indonesia turut diterbangkan ke angkasa. Entah apa rasanya kiranya bakso hingga gado-gado jadi santapan astronot di luar angkasa sana. (asr)

Video Rekomendasi :

Atau anda menyukai kisah ini :

Share

Video Popular

Ad will display in 10 seconds