Erabaru.net. Orang-orang seringkali mengeluh bahwa masyarakat saat ini sangat jauh berbeda dengan masyarakat di masa lalu.

Orang-orang dulu hidup teratur, bekerja saat Matahari terbit dan istirahat saat terbenam, malam hari pintu terbuka lebar tanpa dikunci, sederhana dan alami.

Semua orang akan turun tangan secara spontan dan bergotong royong membantu tanpa banyak tanya saat ada penduduk yang perlu dibantu. Meski kekurangan dari sisi materi, tapi penuh dengan semangat kebersamaan..

Seiring dengan perubahan zaman, orang-orang secara bertahap lebih mengutamakan pada peningkatan dan mengejar kenikmatan materi. Sementara itu, simpati dan empati manusia bagi masyarakat zaman now sudah “memudar dan hambar”.

Hati (sikap) orang-orang sekarang juga tampaknya menjadi dingin oleh pengaruh persaingan hidup dan kepentingan.

Ketika menemui kesulitan, kekecewaan, atau kegagalan, mereka juga sudah lupa untuk mencari bantuan dari teman-teman sekitar. Karena kurangnya kehangatan, sehingga merasa bahwa meminta bantuan itu adalah hal yang memalukan saat menemui kesulitan.

Sebenarnya, tidak juga, siapa yang tidak pernah frustrasi, kecewa? !

Katakanlah dengan berani, berserulah untuk meminta bantuan dan hargai hidup, saya yakin masyarakat ini masih memiliki kehangatan.

Hanya saja, semua orang terbiasa “memendam” perasaannya, jangan lupa, bahwa yang paling indah dari masyarakat ini bukanlah gedung pencakar langit, tetapi kehangatan simpati dan empati manusia. (jhn/elg)

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular