Erabaru.net. Bisakah Anda bayangkan seseorang menari balet di dalam air ? Dia mengabadikan sepenggal video klip tanpa dialog yang dipersembahkan untuk kaum wanita di seluruh dunia. Dia yang beraksi dalam film pendek itu meliuk-liukkan badannya di kolam renang sedalam 40 meter sambil menahan napas.

Dia ingin memberitahu kepada semua kaum hawa : “Kamu tidak sendirian. Kamu juga bisa membuka diri, dan mengekspresikan dukalara dan kecerianmu.”

Julie Gautier, seorang penari dan sutradara asal Perancis, membuat sebuah film pendek berjudul “AMA” yang sudah ditayangkan pada 8 Maret lalu dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional.

Dalam film tersebut, Julie menari di kolam renang Y-40 di Montegrotto Terme, sebuah objek wisata yang terkenal di Italia.

Konon katanya, Y-40 adalah kolam renang terdalam di dunia, dengan kedalaman 40 meter. Namun, Julie adalah seorang penyelam laut dalam, dan menari di kolam renang sedalam 40 meter bukanlah hal yang sulit baginya.

Pada awal film, dapat Anda saksikan Julie diguyur dengan rintik-rintik air hujan …

Selanjutnya, Julie tampak berbaring diam, sampai perlahan-lahan bangkit dan baru tahu kalau ternyata dia berada di kolam renang!

Tarian berikutnya tampak begitu indah dan anggun, membuat orang-orang yang melihatnya pun terpesona, Julie menyatu dengan air, tak disangka menari di dalam air bisa begitu anggun.

Setiap lompatan dan putaran Julie tampak sangat lincah dan alami, dia bak peri dalam air.

Tarian yang anggun dengan iringan musik lembut, apakah tidak menghentak kalbumu ?

Ketika alunan musik semakin bergairah, gerakan tari Julie pun semakin bervariasi dan lebih cepat, seakan mencoba melepaskan diri dari belenggu nestapa …

Setelah tarian berakhir, Julie berbaring di dasar kolam …

Kemudian perlahan-lahan bangkit, sambil memuntahkan udara dari mulut, ilusi udara menjadi gelembung besar, dan perlahan-lahan gelembung besar itu pun seketika berubah menjadi bintang gemintang, Julie pun melesat ke permukaan air, seolah-olah melambangkan dia sudah terbebas dari penderitaan …

“Agar penderitaan tidak tampak terlalu berat, saya bisa menutupinya dengan gerakan lembut-anggun. Dan agar tidak membuat penderitaan itu terlihat terlalu menyayat hati, saya membenamkannya ke dalam air,” kata Julie.

Dia menuturkan bahwa setiap wanita dapat menginterpretasikan dirinya dengan caranya sendiri. Dia juga berharap, melalui film pendek ini, bisa membuat kaum wanita menemukan kembali jati dirinya.

Mimin yakin, film pendek ini akan memberi pengalaman dan pencerahan yang berbeda pada setiap individu, dan apakah Anda merasakan bahwa “Anda tidak sendirian” sebagaimana yang dikatakan Julie? (jhn/elg)

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular