Erabaru.net. Mungkin sebagian besar dari kita kerap menyilangkan kaki saat duduk, dan tanpa disadari, duduk dengan posisi ini ternyata berbahaya.

Tahukah Anda bahwa saat duduk dengan menyilangkan kaki itu berbahaya bagi kaum wanita, bukan saja berpengaruh pada citra Anda, tapi juga berdampak pada kesehatan tulang belakang, kaki wanita dan semacamnya, dan lebih berbahaya lagi bagi kesehatan vagina wanita.

Seorang model top asal Taiwan, (Zhang **-nama disamarkan) kini menjadi bungkuk, menderita gejala varicose veins, yakni pelebaran vena permukaan di tungkai, mukanya kusam disertai flek hitam 12 tahun kemudian karena kerap duduk menyilangkan kaki dalam waktu panjang ! Apa yang terjadi sebenarnya ?

Menyebabkan radang vagina dan dismenore-nyeri haid hebat

Duduk dengan menyilangkan kaki bagi kaum wanita juga dapat menyebabkan peningkatan suhu sebagian, sehingga dengan demikian, dapat menciptakan lingkungan yang hangat dan lembab di sekitar perineum, yakni area kulit antara liang vagina dengan anus (dubur), yang dapat menyebabkan perkembangbiakan sejumlah besar bakteri, yang akan mengakibatkan vulvitis (suatu peradangan yang terjadi dari organ kelamin bagian luar pada wanita (vulva), atau vaginitis – suatu peradangan pada vagina yang dapat mengakibatkan gatal, nyeri dan keluarnya cairan dari vagina.

Duduk dengan posisi ini dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan infeksi jamur vagina, karena tidak ada sirkulasi udara segar ke wilayah vagina. Selain itu juga tidak tertutup kemungkinan akan menyebabkan nyeri haid hebat bagi mereka yang memiliki riwayat nyeri haid.

Menyebabkan deformasi (perubahan bentuk) tulang belakang

Tulang belakang yang normal itu lurus dan terlihat seperti simbol S dari samping, namun jika duduk dengan menyilangkan kaki dalam jangka panjang akan menyebabkan tulang belakang membentuk simbol C, sehingga tulang belakang tertekan, dan akan terjadi perubahan bentuk jika mendapat tekanan yang tidak merata, selain itu juga akan terjadi gejala deformasi jika serius.

Meskipun itu tidak akan segera memicu beberapaa gejala penyakit secara fisik, namun dalam jangka panjang akan menyebabkan banyak gejala (penyakit) seperti osteoarthritis dan varises saat memasuki masa tua.

Menyebabkan kurangnya pasokan darah ke otak dan jantung

Apabila dalam jangka waktu lama selalu duduk sambil menyilangkan kaki, akan menyebabkan ketidaklancaran sirkulasi darah, sirkulasi darah yang lambat dapat menyebabkan kurangnya pasokan darah ke otak dan jantung, yang dapat membuat tubuh rentan mengalami gejala tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Menyebabkan nyeri pinggang

Menurut para ahli, nyeri pinggang adalah salah satu penyakit yang paling umum dialami wanita kantoran. Karena mereka suka “menyilangkan kaki” saat kerja, sehingga rentan menyebabkan punggung sakit.

Kebiasaan duduk menyilangkan kaki juga bisa menyebabkan nyeri di punggung dan leher. Masalahnya, posisi panggul kita tidak seimbang. Tulang belakang kita akan terkena banyak tekanan karena ketidakseimbangan tersebut.

Menurut penelitian fisioterapis National Health Service, Amerika Serikat, duduk melipat kaki cenderung menempatkan posisi tubuh membungkuk sehingga mengganggu kestabilan tulang belakang.

Para ahli juga mengingatkan, kaum wanita pekerja kantoran sebaiknya perhatikan posisi duduknya, karena duduk dengan menyilangkan kaki itu dapat memicu sejumlah besar penyakit terkait.

Mungkin Anda akan tercengang setelah menyimak artikel ini ! Ternyata duduk menyilangkan kaki itu tidak baik bagi kesehatan. Namun, duduk sambil menyilangkan kaki sepertinya sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi sebagian besar orang. Mulai hari ini, dihimbau, khususnya wanita untuk menyingkirkan kebiasaan “berbahaya” ini!(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular