EpochTimesId – Piala Dunia 2026 akan diselenggarakan di Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada. Keputusan itu diambil dalam kongres FIFA pada hari Rabu, 13 Juni 2018.

Pada kongres tersebut digelar pemungutan suara yang dimenangkan proposal tuan rumah bersama tiga-negara untuk menggelar turnamen. Trio Amerika mengungguli perolehan suara Maroko, yang kalah bersaing untuk ke-lima kalinya.

Proposal Amerika Utara mengumpulkan 134 suara, sedangkan 65 suara untuk Maroko. Salah satu anggota kongres memilih ‘abstain’.

Piala Dunia 2026 akan menjadi turnamen perluasan pertama yang akan diikuti oleh 48 tim. Jumlah itu naik dari turnamen saat ini sebanyak 32 tim.

Kedua calon tuan rumah diberikan kesempatan terakhir untuk mempresentasikan kesiapan mereka dalam presentasi 15 menit di depan kongres, di Moscow Expocentre. Amerika Utara menjanjikan turnamen mereka akan menghasilkan keuntungan 11 miliar dolar AS, sementara Maroko, yang kini telah gagal dalam lima kali pemilihan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia, mengatakan mereka akan membuat keuntungan lima miliar dolar.

Meskipun akan menjadi turnamen pertama yang diselenggarakan oleh tiga negara, sebagian besar pertandingan akan diadakan di Amerika Serikat.

Dari 80 pertandingan, 10 pertandingan akan diadakan di Kanada, 10 di Meksiko dan 60 di AS. Dengan babak final akan dimainkan di Stadion MetLife di New Jersey, rumah bagi NFL New York Giants dan New York Jets.

“Terima kasih telah mempercayakan pada kami hak istimewa menyelenggarakan Piala Dunia FIFA pada 2026,” ujar Carlos Cordiero, presiden Federasi Sepak Bola AS mengatakan kepada Kongres FIFA. “Sepak bola hari ini adalah satu-satunya pemenang.”

AS menjadi tuan rumah Piala Dunia sebelumnya pada tahun 1994, sementara Meksiko menyelenggarakannya pada tahun 1970 dan 1986. Kanada belum pernah menyelenggarakan Piala Dunia untuk kategori pria, tetapi menyelenggarakan turnamen wanita pada tahun 2015.

“Kami sangat gembira dan rendah hati bahwa Asosiasi Anggota FIFA telah mempercayakan wilayah CONCACAF dengan kehormatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 dalam format baru,” ujar CONCACAF mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Masing-masing dari 23 stadion yang diusulkan United Bid sepenuhnya dibangun, digunakan, dan dioperasionalkan, untuk memastikan penggunaan jangka panjang setelah Piala Dunia 2026.”

Decio de Maria, Presiden Federasi Sepakbola Meksiko dan Ketua Bersama United Bid, mengatakan, “Kami berterima kasih atas kesempatan untuk menghidupkan visi baru FIFA untuk masa depan sepakbola.”

“Kami akan menggunakan platform ini untuk menyatukan dunia di sekitar sepak bola dan membantu menciptakan cetak biru baru dan berkelanjutan untuk masa depan Piala Dunia FIFA.”

Terakhir kali FIFA memberikan suara pada hak penyelenggaraan Piala Dunia adalah pada tahun 2010 dengan keputusan yang bertumpu pada komite eksekutif lama dan mereka memilih Rusia untuk menjadi tuan rumah turnamen 2018 dan Qatar untuk 2022.

Beberapa anggota komite itu kemudian dilarang dari olahraga setelah mereka terperangkap dalam skandal korupsi yang melanda badan sepakbola dunia pada tahun 2015. Di bawah sistem baru FIFA untuk memilih tuan rumah, semua federasi sepakbola yang memenuhi syarat yang menghadiri kongres diberi hak suara. (Reuters/The Epoch Times/waa)

Video Rekomendasi :

Share

Video Popular