Erabaru.net. Bagaimana reaksi Anda jika kebetulan Anda melihat seorang wanita petugas kebersihan di sebuah kafe dilecehkan dan dihina di depan umum oleh tamu lain yang angkuh ?

Dalam eksprimen sosial, sebuah lembaga survei di Tiongkok mengadakan sebuah tes sosial untuk melihat bagaimana sikap atau reaksi tamu lain ketika mereka melihat seorang wanit petugas kebersihan di sebuah kafe dilecehkan oleh tamu lain.

Ketika itu seorang pegawai wanita bagian kebersihan sedang menyapu, sapunya tanpa sengaja mengenai sepatu putih seorang tamu wanita, sontak saja tamu itu pun tidak senang, dan menghardiknya. Wanita pengawai kebersihan itu pun buru-buru minta maaf, namun, tampaknya tidak bisa meredakan amarah si tamu.

Saat itu, petugas kebersihan itu bermaksud membersihkan sepatu si tamu, tak disangka, tamu itu justru melecehkan petugas kebersihan yang hendak jongkok untuk membersihkan sepatunya. “Badanmu kotor dan dekil begitu, gimana mau melap sepatuku?” Cetusnya sinis pada si bibi.
Dua mahasiswi yang kebetulan duduk tidak jauh merasa terusik dengan ucapan si tamu itu, lalu membalas ucapannya, membela petugas kebersihan tersebut.

Selanjutnya, dua mahasiswi itu pun menyahut setiap ucapan si tamu angkuh itu ketika dia mengatakan sesuatu, bahkan salah satu mahasiswi berteriak meminta petugas kebersihan itu untuk tidak menanggapi tamu itu, namun, si tamu tampaknya tidak senang dan berkata, “Memangnya ucapanku salah ya ? Dia tak lebih dari seorang tukang sampah.”

Mahasiswi itu pun menyahutnya, “Apa yang Anda katakan itu memang tidak benar, Anda tidak bisa berbicara seperti itu kepadanya, terlepas berapa pun harga sepatu Anda.”

Sementara itu, petugas kebersihan itu terus meminta maaf, dengan maksud meredakan suasana yang semakin panas, namun mahasiswi itu kemudian berkata, “Tidak ada siapa pun yang jauh lebih mulia sejak lahir, setidaknya harus memiliki kualitas dasar sebagai makhluk bermoral.”

Tamu wanita itu pun menyahutnya : “Tapi, memang benar kan dia hanya seorang tukang sapu ?”

Mendengar itu, mahasiswi itu pun kembali membalasnya : “Anda juga, bukankah hanya sekadar minum kopi di sini?” sahutnya disertai sindiran pada tamu wanita.

Saat itu, tamu wanita tersebut menyuruh petugas pebersihan itu melap sepatunya, namun mahasiswi itu langsung berdiri dan menghadangnya, melarangnya mengikuti perintah tamu tersebut. Si mahasiswi bahkan dengan sengaja mengayunkan sapu ke sepatu tamu itu dan bertanya padanya perlukah kubantu melap sepatumu? Wanita itu tampak terdiam.

Kemudian, si mahasiswi terus menghibur petugas kebersihan itu , dan menyeka air matanya yang berlinang dengan kertas tisu.

Sikap dan keberanian mahasiswi itu pun mendapat pujian dari para warganet setelah tersebar luas di dunia maya.

Dan memang kita membutuhkan lebih banyak sosok orang seperti mahasiswi itu di masyarakat yang serba majemuk ini!(jhn/yant)

 

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular