Erabaru.net. KM. Sinar Bangun yang Membawa 80 wisatawan tenggelam di Perairan Danau Toba Prapat, Sumatera Utara, Senin (18/06/2018) pukul 17.30 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho membenarkan terjadinya insiden ini.

Laporan yang diperoleh BNPB menyebutkan  KM. Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba Prapat akibat cuaca buruk dengan penumpang wisatawan.

Informasi menyebutkan sekitar 80 penumpang tersebut dari pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir menuju Tigaras Parapat Kabupaten Simalungun, Sumut.

Selanjutnya, Sutopo menjelaskan sekitar pukul 18.00 WIB Kapal Fery pembawa penumpang penyebrangan melintas menuju Pelabuhan Tigaras dan berhasil menyelamatkan 3 orang penumpang.

Keterangan disampaikan Sutopo mengungkapkan untuk korban lainnya belum ditemukan karena posisi jarak cukup jauh dari lintasan Kapal Fery dan cuaca tidak memungkinkan.

“Saat ini korban yang selamat dibawa ke Puskesmasmas Sipintuangin,” papar Sutopo.  

Petugas gabungan dikerahkan untuk pencarian korban. Tim gabungan terdiri Basarnas, Marinir, dan Kepolisian.

Penyelamatan selanjutnya dilakukan KMP SUMUT 2 yang berhasil membawa  3 orang kondisi selamat. Adapun  KMP SUMUT 1 membawa  2 orang terdiri seorang penumpang selamat dan
1 meninggal dunia.

Penyelamatan lainnya dari kapal kayu sinta damai berhasil membawa penumpang sekitar 14. Sedangkan kondisi korban masih dalam pendataan oleh petugas. (asr)

Share

Video Popular