Beberapa hari setelah Partai Komunis Tiongkok (PKT) mengumumkan bahwa mereka akan mewajibkan semua perusahaan publik di negara tersebut untuk membentuk organisasi Partai bagi karyawan mereka, otoritas provinsi di Provinsi Zhejiang memutuskan untuk memperluas pengaruh Partai terhadap para pemula di daerah tersebut juga.

Komite partai dari perusahaan Leo Group, pembuat pompa air dan peralatan berkebun yang terletak di Provinsi Zhejiang di Tiongkok timur, mengumumkan bahwa ia telah bekerja sama dengan komite-komite partai di 30 perusahaan lain untuk menciptakan “aliansi komite partai” untuk perusahaan-perusahaan publik (perusahaan terbuka) di Wenling, sebuah kota pantai di Zhejiang, situs berita yang dikelola negara, Zhejiang Online, melaporkan pada 18 Juni.

Aliansi tersebut akan melayani dua tujuan utama: membantu perusahaan-perusahaan publik setempat untuk mengubah bisnis mereka sehingga mereka dapat tetap kompetitif di pasar, dan membantu perusahaan-perusahaan pemula dengan kualifikasi yang diperlukan untuk terdaftar di pasar saham di masa depan, menurut Zhejiang Online.

Selain itu, aliansi tersebut akan berfungsi sebagai “kincir angin” politik bagi perusahaan-perusahaan lokal, sebuah eufemisme untuk memastikan perusahaan yakin berada di garis Partai, dan bertindak sebagai “stan pameran” untuk kerja Partai di dalam perusahaan-perusahaan, kata Lin Renyong, sekretaris komite partai Leo Grup.

Lin menambahkan bahwa “kekuatan merah” dari aliansi tersebut akan berfungsi sebagai energi baru di belakang pembangunan ekonomi lokal. Merah adalah warna yang digunakan untuk melambangkan komunisme.

PKT telah bertahun-tahun mencoba untuk menggunakan pengaruhnya ke setiap aspek masyarakat, mendirikan cabang Partai di tempat-tempat kerja dan universitas-universitas.

Baru-baru ini, bahkan lokasi wisata pun menjadi sasaran, seperti taman hiburan Disney di Shanghai. Komite Partai di Disney berusaha merekrut seorang spesialis dengan keanggotaan PKT untuk mengoordinasikan kegiatan Partai dan serikat pekerja pada bulan Januari, menurut Quartz. Sementara itu, istana kerajaan yang indah, Istana Musim Panas (Summer Palace) di Beijing, mendirikan “kantor perwakilan partai” pada bulan November 2017.

Cabang-cabang partai ada 70 persen dari sekitar 1,8 juta perusahaan swasta di Tiongkok, menurut Reuters.

Perusahaan asing seperti Disney semakin menyaksikan pengaruh Partai merembes ke dalam bisnis mereka. Qi Yu, wakil kepala Departemen Organisasi PKT, mengatakan pada konferensi pers di Kongres Nasional ke-19 pada bulan Oktober bahwa 106.000 perusahaan yang didanai asing telah membentuk cabang partai.

Beberapa perusahaan memiliki lebih dari satu cabang partai. Menurut laporan 13 Juni oleh Zhejiang Online, dimana Zhejiang Satellite, sebuah perusahaan bahan kimia, memiliki total enam cabang Partai, beberapa didirikan di anak-anak perusahaan, sementara satu cabang tertentu didirikan di dalam departemen penjualan perusahaan.

Organisasi-organisasi partai di Zhejiang Satellite mengadakan kelas dan pertemuan Partai setiap bulan, dan rapat umum untuk semua anggota Partai di perusahaan yang diadakan setiap tiga atau enam bulan.

Pada 2017, pendirian cabang-cabang partai di dua perusahaan internet besar, Zhihu, setara dengan Quora, dan DouYu, sebuah aplikasi berbagi video, juga telah menggambarkan spekulasi bahwa rezim Tiongkok memiliki rencana-rencana untuk memperluas cakupan para aparat dalam penyensoran online-nya, menurut ke surat kabar Taiwan, the Liberty Times. Seorang anggota cabang partai di Zhihu mengisyaratkan adanya kemungkinan tersebut ketika dia mengatakan selama wawancara media bahwa perusahaan akan “menjunjung prinsip-prinsip yang digunakan Partai untuk mengendalikan media.” (ran)

ErabaruNews

Share

Video Popular