Erabaru.net. Daripada menyantap daging, lebih baik makan kacang ini, selain harum aromanya juga renyah di mulut, sekaligus memiliki kualitas nutrisi terbaik. Disamping menjadi protein utama dalam sayuran, juga kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan serat makanan, merupakan makanan rendah lemak dan bergizi tinggi.

Ercis atau kacang polong sangat baik untuk perlindungan mata

Kacang polong adalah sayuran musiman, bentuknya bundar dan hijau terang. Kacang polong bukan hanya penampilannya yang menarik, tapi juga kaya akan vitamin A, memiliki khasiat melindungi dan merawat kesehatan mata. Kandungan kacang polong antara lain protein nabati, vitamin B kompleks, zat besi, vitamin C, dan asam folat. Kacang polong juga mengandung beta karoten yang baik untuk mata dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kacang polong mudah diolah dengan segudang manfaat, dapat dimasak dengan cara direbus, digoreng, atau dipanggang. Kacang polong rebus dapat dimakan langsung atau dicampurkan dalam sup atau tumisan.

Pekerja kantor yang berhadapan di depan layar komputer sepanjang hari dapat menikmati kacang polong yang ditumis bersama wortel dan jagung, tidak hanya enak di lidah, tetapi juga kaya nutrisi, yang dapat secara efektif meredakan mata kering dan ketidaknyamanan pada mata.

Sup kacang kara yang harum menggoda

Cocok dikonsumsi oleh kaum pekerja mental (otak). Kacang kara tidak baik dimakan mentah, Untuk menikmatinya, Anda bisa mengolahnya dengan cara detumis, dimasak – bubur, atau bisa juga dimasak sup.

Berikut ini resep sup telur sohun kacang kara

Panaskan wajan, tuang secukupnya minyak (goreng), setelah itu masukkan jahe, tambahkan kacang kara yang telah dicuci bersih, kemudian tumis hingga berubah warna dan tercium aroma harum, tambahkan air secukupnya, lalu tambahkan bihun setelah mendidih.

Saat kacang polong dan bihun mulai matang, tambahkan telur kocok, dan tambahkan sedikit garam, Anda juga bisa tambahkan sedikit lada dan daun bawang untuk meningkatkan citarasanya.

Saat membeli kacang kara, pilihlah yang besar dan padat berisi, segar (warna dan tak berlubang bekas gigitan serangga).

Pastikan memasak kacang kara hingga matang, untuk mencegah keracunan makanan, selain itu juga jangan makan berlebihan sekaligus, karena mudah menyebabkan distensi abdomen – istilah medis yang menggambarkan kejadian yang terjadi ketika ada zat (gas atau cairan) menumpuk di dalam perut yang menyebapkan perut atau pinggang mengembung melebihi ukuran normal.

Selain itu, ada yang alergi terhadap kacang kara, dan dapat menyebabkan Defisiensi G6PD, yakni penyakit dengan gangguan herediter pada aktivitas eritrosit (sel darah merah), di mana terdapat kekurangan enzim glukosa-6-fosfat-dehidrogenase (G6PD) atau anemia hemolitik akut, jadi dihimbau kelompok orang ini sebaiknya tidak mengonsumsinya.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds