Erabaru.net. Presiden Direktur Hon Hai Precision Industry Company Terry Gou atau yang juga dikenal dengan Gou Thai-ming dikenal sangat royal terhadap karyawan, yang selalu memberikan bonus setiap tahun pada karyawan. Gou Thai-ming adalah seorang pengusaha yang berasal dari Taiwan, Pendiri dan pemimpin perusahaan pabrik elektronik Foxconn

Pada ulang tahun Foxconn yang ke-30 tahun, selain 11 karyawan berprestasi mendapatkan penghargaan, seorang karyawan wanita yang telah berjuang bersama Foxconn selama 30 tahun mendapatkan bonus spesial sebesar 4.64 juta NTD (sekitar 2.1 miliar rupiah). Sebagai karyawan Hon Hai – Foxconn, karyawan ini benar-benar sangat beruntung !

(Foto : screenshot video)

Pada tanggal 1 Juni lalu, Terry Gou secara pribadi memimpin acara penganuhgerahan terbesar pernah digelar di Foxconn’s Longhua Complex in Shenzhen, Tiongkok.

Dia memberikan sambutan kepada semua karyawan di bawah podium, tidaklah mudah bagi Foxconn mampu melewati berbagai rintangan selama 30 tahun, semua ini berkat kerja keras karyawan, “Saya pikir kita tidak bisa berdiri bersama di sini hari ini tanpa partisipasi kalian semua.”katanya.

(Foto : screenshot video)

Pada hari itu, Terry Gou secara pribadi memberikan penghargaan kepada 11 karyawan yang berprestasi dan memuji seorang karyawan wanita sebagai kekuatan bagi kestabilan perusahaan. Karyawan wanita yang dimaksud Terry Gou adalah Zhang Yifen.

Zhang Yifen telah bekerja di pabrik sejak lulus dari sekolah menengah pada Agustus 1988 silam, dan itu merupakan pekerjaan pertamanya dan bertahan sampai 30 tahun tanpa kenal lelah, pengalamannya disebut sebagai “fosil hidup” bagi pertumbuhan Foxconn, sekaligus menyaksikan sendiri naik turunnya perusahaan.


Pada 1 Juni lalu, Hon Hai – Foxconn mengadakan perhelatan terbesar sepanjang sejarah Foxconn di Longhua complex in Shenzhen, Tiongkok. (Foto : Screenshot Video)

Terry Gou memuji kesetiaan Zhang Yifen pada perusahaan, dia seperti sekrup, yang merupakan simbol kekuatan dan stabilitas perusahaan.

Kemudian Terry Gou mengumumkan menganugerahkan sebuah hadiah, yaitu saham senilai 2.1 miliar rupiah dari Foxconn Industrial Internet Co – IPO. Pengumuman itu sontak saja membuat Zhang Yifen tercengang. “Dalam 30 tahun lagi, nilainya mungkin akan melejit 30 kali lipat,” kata Terry Gou.

Terry Gou secara pribadi menganugerahkan penghargaan kepada 11 karyawan berprestasi. (Foto : Screenshot Video)

Terbetik berita, bahwa Foxconn Industrial Internet (FII) akan secara resmi terdaftar di Bursa Efek Shanghai pada tanggal 8 Juni atas nama Industrial Rich Alliance-Foxconn. Tujuan terbesar dari pendaftaran FII di Tiongkok, adalah memungkinkan karyawan lokal memiliki saham mereka sendiri.

Tak terasa, “Tiga puluh tahun cepat sekali berlalu!” Sebagai karyawan Foxconn pa, Zhang Yifen merasa sangat terkesan. Meskipun saat pertama kali kerja di pabrik itu terletak di tempat terpencil, dan hanya sebuah pabrik kecil dengan sekitar 100 karyawan. Kondisi produksi dan kualitas hidup juga sangat buruk kala itu, tetapi tak pernah terlintas dalam benak Zhang Yifen untuk meninggalkan pabrik itu.

Zhang Yifen yang telah bekerja selama 30 tahun di pabrik Foxconn. (Foto : Screenshot Video)

Zhang Yifen menuturkan, sang presdir Terry Gou juga sangat memperhatikan karyawannya. Dalam kesibukannya, dia selalu menyempatkan diri ke baian produksi memberikan perhatian kepada karyawan garis depan, dan kepedulian bos besarnya seperti itu membuatnya tersentuh.

Sementara itu, Terry Gou juga secara sentimental menuturkan bahwa pada awal berdirinya Foxconn, area pabrik sangat kecil dan jarang penduduknya, karena terletak di tempat terpencil. Setiap menjelang akhir tahun, dia selalu pergi ke pabrik dan bersuka-cita sejenak dengan minum sekadarnya bersama semua karyawan.

“Sekarang Foxconn telah menyebar ke seluruh negeri Tiongkok, ada ratusan kolega, jadi, saya tidak bisa bersulang satu persatu dengan semua karyawan, dan Foxconn tidak akan pernah ada seperti sekarang tanpa kerja keras dan dedikasi mereka. Pada saat ini, izinkan saya memberikan hormat dan menghaturkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada saudara-saudari sekalian,”kata Terry Gou sambil membungkukkan badan di hadapan segenap karyawannya.

Pabrik Foxconn. (Foto : Screenshot Video)

”Tidaklah mudah bertahan selama 30 tahun dalam satu pabrik, sebuah nilai yang tinggi antara cinta (pekerjaan) dan kesetiaan…” Tulis netizen sambil tersenyum.

Tentu saja, itu menimbulkan rasa kagum sekaligus iri orang-orang : “Sepupu saya telah mengabdi / bekerja selama lebih dari 20 tahun, tahun lalu, bosnya memberikan hadiah berupa sebuah rumah senilai lebih dari 7 juta yuan (sekitar 14,7 miliar rupiah), dan satu unit mobil mewah Porsche.”

Ada juga yang meratap: “Ayah saya dan saya juga bekerja di satu perusahaan yang sama sampai pensiun, tetapi tidak seberuntung karyawan Foxconn yang memiliki bos seperti Terry Gou.”

Ada berapa kali 30 tahun itu, dan memang tidaklah mudah sanggup bertahan dan diam-diam bekerja di satu perusahaan yang sama selama 30 tahun lamanya. Jarang ada bos yang peduli dan memperhatikan karyawannya seperti itu. Super sekali hadiah yang dipersembahkan untuk karyawannya itu, 30 tahun pengabdian, tidaklah sisa-sia, dan sangat layak antara pengorbanan dan balasannya. Semoga Foxconn tetap jaya dan menginspirasi bos lainnya.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular