EpochTimesId – Presiden Tiongkok, Xi Jinping di Beijing menerima kunjungan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, James Mattis, Rabu (27/6/2018). Kedua belah pihak telah menyatakan kepada media asing bahwa mereka mementingkan hubungan AS-Tiongkok dan bersedia untuk memperkuat komunikasi dan kerja sama militer antara kedua negara.

Sejumlah laporan media menyebutkan bahwa baik James Mattis dan Xi Jinping sama-sama mengatakan pentingnya untuk terus mempertahankan hubungan militer kedua negara. Namun, mereka tidak menyinggung dan mengungkap masalah sensitif yang seperti Taiwan, Laut Tiongkok Selatan, Korea Utara dan bahkan perdagangan.

Media corong pemerintah ‘Renmin Rebao’ memberitakan, Mattis juga menemui Menhan Tiongkok Wei Fenghe. Menhan Wei menegaskan kembali sikap Tiongkok terhadap Taiwan, Laut Tiongkok Selatan dan Korea Utara, tetapi dia juga tidak memberikan rincian apa pun.

Ketika bertemu dengan Mattis, Xi Jinping mengatakan bahwa hubungan militer antara kedua negara telah mempertahankan momentum pembangunan yang baik dalam beberapa tahun terakhir. Pihak Tiongkok berharap bahwa momentum baik ini dapat terus berlanjut.

Dia juga menyatakan bahwa hubungan AS-Tiongkok adalah salah satu hubungan bilateral yang paling penting di dunia saat ini. Dan, Tiongkok dan Amerika Serikat memiliki lebih banyak persamaan daripada perbedaan. Jika kedua negara dapat mengembangkan hubungan yang lebih baik, maka kedua negara tersebut akan memberi manfaat perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kepada dunia.

Reuters melaporkan, James Mattis mengatakan bahwa hubungan militer antara AS dengan Tiongkok memiliki pengaruh penting pada hubungan antara kedua negara. Kepada Xi Jinping, Dia mengatakan telah melakukan pembicaraan yang ‘sangat bagus’ dengan Tiongkok.

“Kami juga memberikan perhatian yang tinggi terhadap hubungan militer kedua negara. Ini adalah momentum bersejarah bagi militer kedua negara. Kami akan berusaha untuk terus memajukan perkembangan hubungan bilateral. Pagi ini, saya telah melakukan diskusi yang sangat, sangat baik. Militer Anda juga telah memberikan penghormatan yang tertinggi kepada saya,” kata Mattis.

Sebelum berangkat ke Tiongkok, Mattis mengatakan kepada wartawan bahwa masalah Laut Tiongkok Selatan mungkin menjadi isu utama dalam kunjungannya ke Beijing. Amerika Serikat akan terus menekan kegiatan militerisasi Tiongkok komunis di pulau-pulau buatan yang berada di Laut Tiongkok Selatan.

Media asing umumnya beranggapan bahwa James Mattis akan mencari bantuan dari Beijing untuk menekan Korea Utara. Mattis juga diperkirakan mengkomunikasikan isu-isu tajam seperti penjualan persenjataan kepada Taiwan. (Xu Jian/ET/Sinatra/waa)

Simak juga, Pengakuan Dokter yang Dipaksa Panen Organ Hidup :

Share

Video Popular