Erabaru.net. Rata-rata masyarakat Asia Tenggara dan khususnya di negara kita, sangat menyukai raja buah-buahan yaitu durian. Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman dengan baunya yang kuat, tetapi kebanyakan dari kita tidak dapat menolak untuk memakannya. Rasanya lezat dan berlemak dibandingkan dengan buah lain.

Tapi, jika Anda diberi buah durian mini ini, maukah Anda mencobanya? Ia ukurannya mungkin hanya sebesar ukuran telapak tangan orang dewasa.

(Foto : Year of the durian)

Durian ini berasal dari spesies buah durian yang biasa kita lihat-durian merah dan durian dalit ’sabah’ (isi jingga).

(Foto: Malaysia Food Travel)

Ia hanya tersedia di Sabah, Sarawak dan Brunei, sementara ukurannya hampir mirip dengan ukuran bola sepak takraw.

(Foto: freelittlebrain)
(Foto: Under the angsana tree)

Ini adalah faktor keunikan, dimana warnanya berbeda dari durian biasa dan ukurannya yang lebih kecil.

Buah durian yang biasanya kita makan memiliki isi yang tebal dan berlemak tetapi untuk dua jenis durian mini ini, kandungannya dikatakan lebih tipis dan agak hambar. Namun, ada beberapa yang merasa bahwa kandungan tersebut memiliki rasa manis dan sedikit asam. Baunya tidak terlalu kuat seperti durian pada umumnya.

Musim durian mini adalah dari bulan Oktober hingga Desember dan dapat dibeli dengan harga 7 – 10 ribu rupiah untuk satu bijinya.

(Foto: Under the angsana tree)
(Foto : freelittlebrain)

Karena ukurannya yang kecil, biasanya dijual kiloan , dengan harga mulai dari 50 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah per kilogram tergantung lokasi. Menurut SabahEats, durian mini ini dapat ditemukan di pasar petani di Sabah, Tamu, Pasar Sentral Kota Kinabalu, dan Pasar Minggu Gaya Malam. (yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular