Erabaru.net. Mie Panjang Umur adalah makanan tradisional Tiongkok kuno yang disediakan untuk Tahun Baru Imlek dan Ulang Tahun. Mie ini berasal dari kota kuno Huanglongxi, di Sichuan, pada masa Dinasti Han. Resep tradisional Tiongkok di negeri ini terkenal karena kekayaan dan berkahnya yang baik ketika disiapkan dan dimakan dengan benar bersama orang tercinta.

Menurut kebiasaan kuno, diyakini bahwa hidangan ini adalah simbol keberuntungan, dan hidup yang panjang dan bahagia bagi mereka yang memakannya.

Negara-negara Asia memproduksi berbagai mie dengan berbagai cara: lebar, panjang, warna dan bentuk. Mienya terbuat dari berbagai jenis tepung. Mie yang dibuat dengan gandum dan telur diakui dengan warna kuning yang cerah dan tekstur yang kenyal.


Mie Panjang Umur buatan tangan dalam referensi tunggal panjang. Sungguh luar biasa melihat pembuat mie ini melambai-lambaikan lembaran mie panjang ini untuk dimasak dalam panci yang ditempatkan agak jauh dari tempat pembuatan mie. Menarik sekali!


Namun, pantangan bagi masyarakat Tiongkok sehubungan dengan pembuatan mie panjang umur ini adalah tidak ada seorangpun yang diizinkan untuk memotong lembaran mie panjang ini selama proses pembuatannya.


Ini karena mereka percaya bahwa memotong mie membawa arti umur yang pendek atau hidup tidak akan lama. Oleh karena itu, siapa pun yang ingin menghasilkan mie ini harus selalu berhati-hati agar mie ini tidak terpotong di tengah pembuatan.

Yah, kita dengan mudah mengetahui salah satu budaya dan sejarah Tiongkok, kan? Makanan seharusnya kaya akan cerita, sebaliknya. (rpg)

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular