Erabaru.net. Letusan gunung api bukanlah sesuatu yang baru. Kejadian itu mungkin jarang terjadi tetapi begitu meletus ribuan orang akan terdampak olehnya. Masih banyak gunung api yang masih aktif di dunia, terutama di Asia Tenggara dan Khususnya di Negara kita.

Ketika berbicara tentang gunung berapi, banyak yang akan mulai membayangkan lahar panas mengalir keluar dari ‘perut’ gunung. Apakah Anda ingin melihatnya lebih dekat? Apakah Anda sudah siap?

Fase pertama letusan melibatkan ledakan lahar panas. Itu berlangsung selama beberapa jam dan aliran lahar akan membentuk lapisan tipis atau bukit rendah.


Tahap kedua adalah lava mengalir terus menerus di kawah untuk membuat lapisan lahar itu dan bukit yang rendah dan terus menebal.


Setelah lahar dingin itu biasanya akan membentuk dataran tinggi yang mencakup area yang luas, jika terjadi di pulau, akan menambah luas pulau tersebut.


Meskipun gunung berapi memiliki dampak positif pada lapisan tanah tetapi jangan mengesampingkan tentang bahaya dari insiden ini. (rpg)

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds