Perusahaan persewaan sepeda Tiongkok dengan operasi di beberapa kota besar di AS telah memutuskan bahwa menyambut baik kontrol oleh Partai Komunis Tiongkok (PKT) akan menjadi taruhan terbaik untuk menggerakkan bisnisnya ke depan.

Ofo, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam dockless bike sharing (persewaan sepeda online), mengumumkan perubahan pada piagam perusahaannya, memberikan Partai tersebut peran kepemimpinan yang sebenarnya dalam tata kelola perusahaan, menurut artikel 24 Juni media yang dikelola pemerintah Tiongkok, Xinhua. Pengumuman tersebut dibuat pada pertemuan komite Partai perusahaan yang diadakan pada 23 Juni.

Dai Wei, CEO Ofo, mengatakan langkah perusahaan tersebut akan memungkinkan komite Partai memberikan masukan ke dalam keputusan-keputusan besar perusahaan.

“Banyak perusahaan-perusahaan internet swasta semuanya membentuk komite Partai” di dalam perusahaan mereka, kata Dai, menambahkan kalau ia percaya bahwa penting bagi Partai untuk “dimasukkan ke dalam manajemen bisnis” dan “pengembangan perusahaan.”

Menurut Xinhua, Ofo secara resmi membentuk komite Partai pada bulan Juli 2017. Sejak itu, keputusan besar seperti perekrutan dan penunjukan karyawan telah melalui komite terlebih dahulu sebelum implementasi.

Dua perusahaan yang dikelola negara, Shanghai Guosheng Group, sebuah perusahaan investasi, dan Perusahaan Investasi Konstruksi Kota Guiyang Baiyun, juga baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan memasukkan Partai ke dalam piagam-piagam perusahaan mereka.

Komite-komite partai adalah bagian dari upaya rezim Tiongkok untuk menggunakan pengaruhnya pada semua segi masyarakat. Universitas dan tempat kerja, baik perusahaan domestik maupun asing, diharuskan untuk membentuk komite semacam itu, bagaimanapun penegakan aturan ini benar-benar menjadi ketat dalam beberapa tahun terakhir.

Sebuah artikel Xinhua baru-baru ini secara terang-terangan menunjukkan niat rezim Tiongkok: “untuk menjamin bahwa kepemimpinan Partai merasuki setiap aspek [perusahaan] dan memungkinkan Partai menjadi inti dari tata kelola perusahaan tersebut.”

Rencana-rencana perusahaan untuk mempersingkat Partai ke dalam operasi-operasi bisnis sehari-hari mendapat perhatian dari pejabat pemerintah pusat, yang terlalu bersemangat untuk mempromosikan contoh kontrol Partai secara keseluruhan di sektor swasta.

Ofo saat ini berkompetisi di pasar persewaan sepeda AS dengan platform dockless bike. Sepeda dan teknologi dockless-nya sudah dapat ditemukan di belasan kota, termasuk Seattle, Los Angeles, dan Washington.

Meskipun tidak diketahui bagaimana bisnis Ofo di Amerika Serikat akan terpengaruh setelah piagam perusahaan Partai pertamanya diadopsi, laporan terbaru oleh Hudson Institute, sebuah think tank yang berbasis di Washington, memberikan beberapa wawasan tentang bagaimana perusahaan-perusahaan Tiongkok beroperasi di Amerika Serikat dapat mempengaruhi masyarakat AS.

“Karena pengaruh Partai terhadap perusahaan-perusahaan Tiongkok yang besar, lobi yang dilakukan perusahaan-perusahaan ini di AS harus diteliti lebih cermat,” kata laporan tersebut.

Huawei, raksasa telekom Tiongkok dan pembuat ponsel pintar, dikenal memiliki hubungan dengan militer Tiongkok, menurut laporan 2 Juli oleh surat kabar Taiwan DigiTimes.

Menurut Harian Informasi Ekonomi yang dikelola negara, pada tahun 2017, rezim Tiongkok mulai mendorong semua perusahaan milik negara untuk menambahkan peran utama PKT ke piagam-piagam perusahaan mereka.

Pada bulan Juni, regulator sekuritas Tiongkok mengumumkan amandemen (perubahan) terhadap pedoman tata kelola yang ada untuk perusahaan-perusahaan yang terdaftar milik negara, dengan satu artikel secara eksplisit menuntut agar piagam-piagam perusahaan diubah untuk memasukkan peran PKT tersebut. (ran)

‘Dockless bike sharing’ bekerja dengan cara pengguna membuka aplikasi di ponsel pintar mereka dan memilih sepeda dari peta, atau alternatif dengan berjalan ke sepeda di jalan dan memindai kode QR. Aplikasi ini kemudian mengirimkan kode empat digit kepada pengguna, yang diketikkan ke kunci roda khusus yang dipasang di bagian belakang sepeda. Pengguna kemudian dapat memulai perjalanan mereka dengan sepeda tersebut.

Selain itu memberikan pengguna kebebasan untuk memulai dan mengakhiri perjalanan mereka di area parkir sepeda yang ditunjuk di dekat tujuan mereka. Ketika pengguna menyelesaikan perjalanannya.

Share

Video Popular