Erabaru.net. Sang istri ingin suaminya pulang lebih awal, untuk itu dia pun menetapkan : Pulang lebih dari jam 11 malam, pintu rumah akan dikunci. Hasilnya memang efektif pada minggu pertama. Namun, pada minggu kedua, suaminya kembali pulang terlambat, istrinya pun mengunci pintu sesuai dengan ketentuan.

Dan pada malam-malam selanjutnya sang suami pun berpikir lebih baik sekalian tidak pulang saja, karena percuma saja pulang ke rumah pintu dikuci isterinya dari dalam.

Melihat gelagat itu, istrinya kemudian merevisi peraturan yang dibuat setelah mendapat petunjuk dari seseorang: Jika menjelang 11 malam belum pulang juga, aku akan tidur dengan pintu terbuka. Suaminya terkejut dan sejak itu, dia pun pulang tepat waktu.

Dapat dilihat bahwa esensi dari sistem itu bukan pada pemaksaan, tetapi lebih kepada kepentingan eksekutor.

Seekor induk ayam

Anak ayam bertanya pada induk ayam :

“Bisa gak tidak bertelur, bawa aku jalan-jalan ? “

“Tidak bisa, karena aku harus kerja!” Sahut induk ayam.

Anak ayam berkata : “Tetapi kamu kan sudah banyak bertelur !”

Dengan penuh makna, induk ayam itu berkata kepada anak ayam : “Satu butir telur sehari, pisau dapur menjadi tak berkutik, jika satu bulan tak bertelur, maka terimalah ajalmu di dalam panci panas.”

Anda tetap bisa eksis, karena Anda menciptakan nilai pada diri Anda, sebaliknya kalau disingkirkan, karena Anda kehilangan nilainya. Nilai-nilai masa lalu tidak merepresentatifkan masa depan, jadi harus bekerja keras setiap hari!

Sekawanan babi

Pak Zhang melaju dengan kendaraannya di jalan kecil pedesaan. Saat dia sedang asyik menikmati pemandangan indah di sekelilingnya, tiba-tiba supir truk yang melaju dari arah depannya menurunkan jendela mobil dan berteriak : “Babi!”

Mendengar itu, pak Zhang pun tersinggung dan berteriak : “Kau yang babi!” teriaknya marah.

Usai mencaci-maki, dia melihat sekawanan babi menyeberangi jalan.

Jangan salah menafsirkan maksud baik orang lain, itu hanya akan merugikan Anda, dan membuat malu orang lain.

Sebelum Anda tahu seluk beluknya, Anda harus belajar dulu menahan gejolak emosi Anda, amati dengan sabar, agar terhindar dari penyesalan sesudahnya.

Sebatang bambu

Bambu membutuhkan waktu 4 tahun untuk tumbuh, itu juga hanya 3 sentimeter panjangnya, tetapi sejak tahun ke-5 dan seterusnya, pohon bamboo mulai tumbuh pesat dengan kecepatan 30 sentimeter setiap hari, dan hanya butuh waktu 6 minggu, pertumbuhan mencapai 15 meter.

Sebenarnya, dalam empat tahun pertama, akar bambu telah merambat hingga ratusan meter persegi di dalam tanah.

Hal yang sama juga berlaku bagi manusia. Jangan khawatir tidak akan mendapat balasan atas jerih payah Anda, karena semua upaya ini untuk berurat berakar. Saat tiba waktunya, Anda akan berada di atas puncak orang lain.

Sepanci pangsit

Ketika sang suami pulang kerja, dia melihat istrinya sedang memukul putranya, tapi, tak digubrisnya. Dia langsung ke dapur dan melihat sepanci pangsit yang siap dinikmati.

Setelah makan, dia menyaksikan istrinya masih di sana dan memukul putranya. Dia pun tak tahan lagi dan berkata : “Mendidik anak itu tidak harus selalu menggunakan kekerasan, beritahu dan jelaskan dengan sabar !”

“Gara-gara dia, sepanci pangsit yang siap dinikmati itu malah dikencinginya, memangnya kamu tidak kesal ya ?” kata sang istri.

Mendengar itu, suaminya seketika berkata, “Sayang, kamu istirahat sebentar, biar aku yang menghajar anak tak tahu diri ini !”

Siapa pun bisa bersikap santai dan tenang, ketika melihat sesuatu kejadian yang tidak berhubungan dengannya, tapi siapa yang bisa tenang lagi kalau hal itu juga menyangkut dirinya. Jadi, tolong jangan dengan entengnya mengomentari siapa pun, karena Anda tidak tahu menahu saat kejadian…

Tuhan pun dianggap berhutang

Pengemis : “Tolong beri saya seratus dolar?

Pejalan kaki : “Saya hanya punya delapan puluh dolar.”

pengemis : “Kalau begitu, kamu berhutang dua puluh dolar sama saya ya.”

Ada orang yang selalu berpikir Tuhan berhutang padanya, Mereka selalu merasa apa yang diberikan Tuhan itu belum cukup banyak, atau belum cukup baik, Keserakahan telah lama menggantikan hati yang seharusnya bersyukur.

Gembok

Sebuah gambok besar yang kokoh menggantung di pintu gerbang, dan tidak bisa dibuka meski telah dicongkel dengan batang besi.

Tak lama kemudian kunci datang, batangnya yang mungil perlahan masuk ke dalam lubang gembok, dan hanya dengan satu putaran lembut, gembok besar itu pun terbuka.

Batang besi itu pun bertanya dengan pandangan heran, “Mengapa saya sudah berusaha mencongkelnya sekuat tenaga, tapi tetap tak bisa membukanya, sementara kamu bisa membukanya dengan mudah ya ?”

“Karena saya paling memahami jiwanya,”kata si kunci.

Hati setiap orang seperti pintu yang terkunci, Anda tidak akan bisa membukanya dengan batang besi sebesar apa pun. Hanya dengan perhatian, Anda baru dapat mengubah diri Anda menjadi kunci yang halus-lembut, merasuk ke dalam hati orang lain, dan memahami jiwa orang lain.

Seorang bikus tua

Biksu tua bertanya kepada biksu cilik : “Apa yang akan kamu lakukan, jika melangkah maju ke depan, kamu akan mati, sementara kalau mundur ke belakang, kamu juga akan mati ?”

“Aku akan jalan ke pinggir,” kata si biksu cilik tanpa ragu.

Ketika Anda menghadapi dilema, coba pikirkanlah dari sudut pandang lain, mungkin Anda akan mengerti, bahwa di pinggir jalan masih ada jalan.

Semoga delapan cerita pendek ini bisa menginspirasi perjalanan hidup Anda.(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular