oleh Chen Xiao

Setiap musim semi, banyak orang menanam sayuran di halaman belakang rumah mereka. Sayuran organik yang ditanam sendiri tidak hanya lezat, tetapi proses menanam sayuran juga dapat menghilangkan stres dan mengatur suasana hati.

Untuk memungkinkan astronot yang tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional dapat menikmati sayuran segar, para ilmuwan NASA telah merancang wadah khusus yang memungkinkan astronot untuk menanam sayuran kesukaan mereka sendiri di luar angkasa. Ini tidak hanya membawa kesenangan bagi kehidupan ruang angkasa yang membosankan, tetapi sayuran segar tersebut dalam pertumbuhannya juga melepaskan oksigen untuk mengisi kembali vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh astronot.

Sistem penanaman sayuran di luar angkasa yang disebut Veggie ini tidak hanya mempertimbangkan efek radiasi dan bobot pada tanaman, tetapi juga secara tepat mengontrol air yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman dan mencegah pertumbuhan jamur. Selain itu, jumlah pekerjaan untuk merawat tanaman sayuran tidak sampai banyak menyita waktu astronot.

Setiap Veggie berbobot 41 pon, lebih ringan daripada alat untuk membuat minuman kopi dalam stasiun ruang angkasa yang berbobot 44 pon. Penutupnya dilengkapi dengan lampu LED berwarna merah, hijau dan biru untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Pada saat yang sama, ada kipas angin kecil di dalam kotak untuk menyesuaikan kelembaban udara. Benih akan tumbuh di bantalan tanaman hidroponik khusus yang berisi tanah dan pupuk kimia.

Astronot NASA sekarang telah menggunakan sistem Veggie generasi ketiga untuk menghasilkan kubis, selada dan lobak Jepang. Tentu saja, sayuran ini perlu dibersihkan secara khusus terlebih dahulu sebelum dimakan, dan setengah dari hasil panen akan dibawa kembali ke Bumi untuk penelitian lebih lanjut.

Jika suatu saat nanti pesawat ruang angkasa berawak akan terbang untuk menjelajah planet Mars, maka sayuran segar ini dapat membantu para astronotnya agar mereka tetap sehat dalam penerbangan yang lebih jauh. (Sin/asr)

Video Rekomendasi :

Share
Tag: Kategori: SAINS SAINS NEWS

Video Popular