Praktik-praktik perdagangan Beijing yang tidak adil adalah target dari tarif-tarif AS yang berlaku pada tanggal 6 Juli. Pada hari yang sama, Departemen Perdagangan AS melaporkan malpraktik oleh Tiongkok dalam industri perpipaan.

Departemen Perdagangan menetapkan bahwa impor perlengkapan pipa besi cor abu-abu dari Tiongkok, sejenis alat pipa saluran air tahan korosi oleh tanah, dijual di pasar AS dengan harga 22,11 hingga 360,39 persen di bawah nilai pasar wajar, praktik yang dikenal sebagai dumping.

Depantermen tersebut telah membuat ketentuan setelah pabrikan-pabrikan Amerika mengajukan petisi dan kemudian memprakarsai penyelidikan-penyelidikan antidumping duty (AD) dan countervailing duty (CVD).

Beijing juga memberikan subsidi-subsidi pada para produsen perlengkapan pipa besi cor abu-abu Tiongkok dengan kisaran mulai dari 7,37 hingga 133,94 persen. Subsidi-subsidi semacam itu adalah bentuk bantuan keuangan agar perusahaan-perusahaan dalam industri tertentu menerima dari pemerintah mereka, yang secara efektif melemahkan dan merusak persaingan perdagangan yang adil.

Beberapa perusahaan Tiongkok telah disebut, termasuk Shanxi Xuanshi Industrial Group dan Wor-Biz Trading yang berbasis di Provinsi Anhui Tiongkok timur.

Pada 2017, impor pipa besi cor abu-abu Tiongkok senilai sekitar $7,8 juta, dengan volume total 6.272 metrik ton, menurut Departemen Perdagangan.

Komisi Perdagangan Internasional AS (ITC) dijadwalkan untuk membuat keputusan akhir berdasarkan temuan Departemen Perdagangan pada 20 Agustus. Jika ITC menentukan bahwa perlengkapan pipa Tiongkok ini merugikan industri-industri AS, Departemen Perdagangan dapat mengeluarkan tarif-tarif AD dan CVD untuk perlengkapan pipa buatan Tiongkok.

Penyelidikan mengenai perlengkapan pipa Tiongkok tersebut adalah salah satu dari 118 penyelidikan baru AD dan CVD yang telah dimulai oleh Departemen Perdagangan sejak Presiden Donald Trump menjabat.

Departemen Perdagangan saat ini mempertahankan perintah 448 AD dan CVD, tindakan-tindakan untuk meredakan perusahaan-perusahaan Amerika dari kerugian-kerugian harga yang tidak adil dan impor-impor bersubsidi yang tidak adil.

Pada tanggal 29 Mei, Gedung Putih mengumumkan bahwa pada tahun 2018 saja, 13 impor Tiongkok yang berbeda, termasuk roda baja, tabung mekanik pendingin, peti-peti dan lemari peralatan, alat kelengkapan baja tempa, aluminium foil, dan tali-tali karet adalah praktik dumping yang telah membanjiri Amerika Serikat atau secara tidak adil telah disubsidi oleh rezim Tiongkok. Beberapa barang yang diimpor tersebut, seperti alumunium foil, sekarang memiliki tarif pengimbang (countervailing duty) dalam posisi yang tepat.

Pada bulan Januari, Uni Eropa juga memberlakukan bea masuk anti-dumping untuk produk-produk besi cor yang diproduksi Tiongkok, termasuk jeruji teralis, saluran air, dan penutup lubang got, setelah penyelidikan oleh Komisi Eropa. (ran)

ErabaruNews

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds