Erabaru.net. Cuaca menjadi sedikit sejuk saat tibanya musim hujan, namun,juga mengandung bahaya yang mengerikan. Di iklim yang lembab dan hangat, rentan dengan munculnya aktivitas “serangga tomcat”, dan jika tanpa sengaja menepuknya akan menyebabkan ulserasi kulit!

Seorang netizen bertanya di media sosial, bahwa setelah dia digigit serangga tersebut, “Awalnya terasa sakit, tetapi kemudian terasa gatal. Beberapa bentol kecil di kulitnya menjadi seperti itu setelah pecah …” Dia ingin tahu serangga apa sebenarnya yang menyebabkan kulitnya seperti itu (gambar bawah) Jawabannya serangga tomcat!

Serangga tomcat awalnya tersembunyi di rerumputan dan ladang, tetapi ketika cuaca hangat dan lembab, serangga itu pun menyelinap ke dalam rumah tempat tinggal kita. Jika tanpa sengaja menepuknya, maka akan terkena cairan racunnya, menyebabkan kulit melepuh, memerah dan gatal-gatal, dan jika serius akan menyebabkan selulitis – Infeksi bakteri kulit!

 

Tomcat atau juga dikenal “Kumbang rove”, meski ukurannya hanya 0,5 hingga 1 cm, tapi ia sangat beracun, dan efeknya akan terasa seketika dalam 10-15 detik begitu terkontak dengannya. Karena bulan April-September merupakan musim aktivitas serangga tomcat, dokter kulit mengatakan bahwa kasus ulserasi kulit belakangan ini telah meningkat hingga 10-20%.

Terkait ancaman tomcat, banyak netizen berbagi pengalamannya di media sosial, menyarankan untuk segera ke dokter jika terkena gigitan tomcat, “baru-baru ini banyak tomcat berkeliaran di rumah saya”, “saat ke dokter kulit, saya melihat setidaknya ada 4 dari 10 pasien yang terkena serangan tomcat”, “Hati-hati jika terkena cairan racun tomcat atau akan meninggalkan bekas luka.” “Jangan menyentuh bagian lain atau Anda akan terinfeksi.”

Dokter terkait menyarankan, jika melihat tomcat hinggap di badan Anda, sebaiknya jangan ditepuk, agar tidak memercikkan cairan racunnya, tetapi usir dengan cara ditiup atau dengan benda lain.

Jika tanpa sengaja terkontak tomcat, segera cuci dengan air sabun dan periksa ke dokter. Jika ditangani dengan benar, lesi kulit akan mengering dalam 3-4 hari, kemudian mengelupas dan perlahan kulit akan pulih seperti sedia kala.

Tomcat sangat berbahaya, namun, karena ukurannya kecil, sehingga sulit dicegah. Bagi keluarga yang memiliki anak-anak di rumah, sebaiknya hati-hati dengan tomcat mungil ini !(jhn/yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share
Tag: Kategori: NEWS SEHAT

Video Popular

Ad will display in 09 seconds